PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCIAL DISTRESS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY

Authors

  • Meutia Rismayuda Universitas Bung Hatta
  • Mukhlizul Hamdi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Audit Delay, Profitabilitas, Financial Distress, Opini Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh profitabilitas, financial distress dan opini audit terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016- 2020, dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang didapat adalah sebanyak 27 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hipotesis ditemukan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay, financial distress berpengaruh positif signifikan terhadap audit delay sedangkan opini audit berpengaruh negatif signifikan terhadap audit delay.

References

David M, H. A. and Butar, S. B. 2020. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Reputasi KAP, Karakteristik Perusahaan dan Opini Audit terhadap Audit Delay, Jurnal Akuntansi Bisnis, 18(1), p. 1. doi: 10.24167/jab.v18i1.2698.

Praptika, P. and Rasmini, N. 2016. Pengaruh Audit Tenure, Pergantian Auditor Dan Financial Distress Pada Audit Delay Pada Perusahaan Consumer Goods’, E-Jurnal Akuntansi, 15(3), pp. 2052–2081. [3] Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.04/2016 tentang Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik

Downloads

Published

2022-03-09