PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, GOOD WILL TO ASSET RATIO, UKURAN KOMITE AUDIT DAN OTHER COMPREHENSIVE INCOME TERHADAP VALUE RELEVANCE (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Authors

  • Yoan Fanisa Universitas Bung Hatta
  • Dwi Fitri Puspa Universitas Bung Hatta

Keywords:

Konservatisme Akuntansi, Good Will to Assets Ratio, Ukuran Komite Audit, Other Comprehensive Income, Value Relevance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh konservatisme akuntansi, good will to asset ratio, ukuran komite audit dan other comprehensive income terhadap value relevance pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah 2015 sampai dengan 2019. Pada penelitian ini karena data yang digunakan adalah panel yaitu gabungan antara data time series dengan cross section maka alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel yang diolah melalui program Eviews. Berdasarkan hasil pengjian hipotesis ditemukan bahwa konservatisme akuntansi dan ukuran komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap value relevance perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia sedangkan good will to assets dan other comprehensive income berpengaruh signifika terhadap value relevance pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

References

A. P. Nugraheni, “Pengaruh penerapan international financial reporting standards (ifrs) terhadap relevansi nilai informasi akuntansi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2013,” J. Akuntanika, vol. 4, no. 2, pp. 1–9, 2018.

Krismaji and Surifah, “Corporate Governance,Compliance Level Of IFRS Disclosure and Value Relevance Of Accounting Information- Indonesian Evidence,” Malaysian Palm Oil Counc., vol. 21, no. 1, pp. 191–211, 2020.

C. A. Latifa and M. Haridhi, “Pengaruh Negosiasi Debt Contracts , Political Cost , Fixed Asset Intensity , dan Market To Book Ratio terhadap Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap s. Ekon. Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 166–176, 2016.

R. Iustian and D. A. Arifah, “Analisis Pengaruh Informasi Laba Akuntansi, Nilai Buku Ekuitas, dan Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham,” Fokus Ekon., vol. 8, no. 1, pp. 17–27, 2013.

Y. S. Adhani and B. Subroto, “Relevansi Nilai Informasi Akuntansi,” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2014.

Downloads

Published

2022-03-09