PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP INCOME SMOOTHING

Authors

  • Rismaya Rismaya Universitas Bung Hatta
  • Fivi Anggraini Universitas Bung Hatta

Keywords:

Income Smoothing, Asimetri Informasi, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asimetri informasi, kepemilikan institusional dan nilai perusahaan terhadap income smoothing. Dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif, uji model fit,uji hosmer and lomeshows goodnes, uji omnibus test, uji negelkerke’s R square, uji hipotesis (wald test). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa variabel asimetri informasi memiliki pengaruh Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa asimetri berpengaruh negatif signifikan terhadap income smoothing, sementara variabel kepemilikan institusional dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap income smoothing.

References

Jayanti, K. T., Dewi, P. E. D. M., & Sujana, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Dividend Payout Ratio Pada Praktik Perataan Laba Dengan Struktur Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 9(1), 121–132.

Tucker, J., & Zarowin, P. (2006). Does Income Smooting Improve Earning Informativeness. The Accounting Review, 81(1), 251–270.

Wicaksono, A. (2015). Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Manajemen Laba Melalui Manipulasi Aktivitas Riil. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(1).

Riyadi, W. (2018). Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Terhadap Income Smoothing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 5(1), 57–66.

Downloads

Published

2022-03-09