PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS

Authors

  • Suspini Mirzadina Universitas Bung Hatta
  • Meihendri Meihendri Universitas Bung Hatta

Keywords:

rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, financial distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh rasio likuiditas, leverage dan aktivitas terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Terdapat 12 perusahaan yang diindikasikan mengalami financial distress sehingga dikeluarkan (delisting) dari Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2018 yang salah satu alasannya karena telah dinyatakan bangkrut/pailit serta terganggunya kesempatan untuk hidup. Hal tersebut merupakan ancaman yang bisa dialami oleh semua perusahaan tanpa melihat jenis ataupun ukuran perusahaan serta terjadinya bisa kapan saja.Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menerbitkan laporan keuangan selama tahun 2018-2020. Sampel yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling berjumlah 94 perusahaan dan 282 sampel data pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas dan rasio leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Sedangkan, rasio aktivitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial distress.

References

R. I. Kamaludin, “Manajemen Keuangan, Edisi Revisi, CV, Bandar Maju, Bandung.,” 2015.

L. Susilowati, “Merakit Neraca Akuntansi, Jakarta : Alim’s Publising Jakarta.,” 2019.

M. Dewi, N. K. U. G., & Dana, “Variabel Penentu Financial distress pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 5834–5858.,” 2017.

W. dan M. Wibowo, “Pengaruh Corporate Governance,Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Financial distress Pada Sektor Pertambangan Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya. Vol. 5 No. 3.,” 2017.

I. M. Sudana, “Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.,” 2011.

dan T. DiPietre, Fuchs, “Critical Control Points: Managing Asets, Expenses and Leverage. Purdue University.,” 1997.

Downloads

Published

2022-03-09