PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP UNDERPRICING SAHAM

Authors

  • Ulfah Aulia Universitas Bung Hatta
  • Yunilma Yunilma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Underpricing Saham, Share Offering Percent, Profitabilitas, Firm Size, Financial Leverage, Underwriter Reputation, Auditor Reputation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor-faktor keuangan dan non keuangan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020, dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan berdasarkan kriteria sebanyak 82 sampel perusahaan yang terdaftar di BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hipotesis yang ditemukan bahwa profitabilitas dan auditor reputation berpengaruh positif terhadap underpricing saham, financial leverage berpengaruh negatif terhadap underpricing saham. Sedangkan share offering percent, firm size dan underwriter reputation berpengaruh positif terhadap underpricing saham.

References

Alviani, D., & Lasmana, A. (2015). Analisis Rasio Keuangan Roa, Roe, Price Earning Ratio Terhadap Underpricing Saham Perdana. Studi Kasus: Perusahaan Yang Melakukan IPO Di Bei Periode 2008–2011. Jurnal Akunida. [2] Aprillia Manurung, S. T., & Nuzula, N. F. (2019). “Pengaruh Variabel Non Keuangan Terhadap Underpricing Pada Saat Initial Public Offering (IPO)”. Jurnal Administrasi Bisnis, 69(1), 58-66.

Hayu, A., Raden, L., Hidayat, R., & Sulasmiyati, S. (2015). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di BEI periode 2012-2014. Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1). [4] Kurniawan, L. (2017). Informasi Akuntansi dan Non Akuntansi pada Fenomena Underpricing yang Terjadi saat Penawaran Umum Saham Perdana pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 18(3), 371-382. [5] Najab, A. S., & Nurhidayati, A. (2016). Pengaruh Reputasi Auditor, Likuiditas, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage, dan Earning Per Share terhadap Initial Return. Potensio, 24(02). [6] Oktavia, Hendra Cornella Arlin. (2019). Analisis Pengaruh leverage, profitabilitas, likuiditas saham, dan reputasi underwriter terhadap underpricing IPO. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. [7] Raniry, M. A & Yusniar, M. W. (2018). Pengaruh Financial Leverage, Proceeds, Reputasi Underwriter, dan Jenis Industri terhadap Tingkat Underpricing Saham. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan. [8] Solida, A., & Luthan, E. (2020). Pengaruh Pengungkapan Intellectual Capital, Reputasi Underwriter, Financial Leverage, Umur dan Size Perusahaan terhadap Underpricing SahamJournal of Economics and Business, 4(1), 135-143.

Downloads

Published

2022-03-09