PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, PELAYANAN FISKUS DAN PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Study Kasus Pada Kantor KPP Pratama Padang 1)

Authors

  • Fausal Fausal Universitas Bung Hatta
  • Afrizon Afrizon Universitas Bung Hatta
  • Nurhuda Nurhuda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Penerapan E-Filling, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, pelayanan fiskus dan penerapan E-Filling terhadap kepatuhan wajib pajak. Pada penelitian ini yang menjadi objek adalah wajib pajak pribadi yang terdaftar di KPP Pratama I. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara langsung oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan bahwa pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama I Padang sedangkan pelayanan fiskus dan penerapan E-Filling berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama I Padang,

References

N. Erawati, “Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., p. hal. 1-25, 2020.

M. Amri, “Pengaruh kualitas pelayanan, Pemahaman perpajakan dan keadilan perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi KPP Pekanbaru,” J. ASET (Akuntansi Riset), vol. 1, no. 9, pp. 1–14, 2017.

Afriyanah and Waluyo, “Pengaruh Jumlah Wajib Pajak, Luas Lahan, Jumlah Bangunan, dan Laju Inflasi Terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Studi Empiris Pada Kecamatan Di Kota Tangerang,” Ultim. Account., vol. 7, no. 1, pp. 36–53, 2015

Downloads

Published

2022-03-09