PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi kasus perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019)

Authors

  • Risna Safitriani Universitas Bung Hatta
  • Herawati Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, Free Cash Flow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, free cash flow terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015- 2019, dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang didapat adalah sebanyak 18 sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data di olah dengan menggunakan SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa variabel likuiditas dan profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen, sementara variabel free cash flow tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

References

S. Ginting, “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden,” JWEM STIE M, vol. 8, no. 2, pp. 195–204, 2018.

I. S. Permata, “Faktor Determinan Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI,” Forum Ekon., vol. 21, no. 1, pp. 36–44, 2019.

Downloads

Published

2022-03-09