PERAN INOVASI TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIASI HUBUNGAN ANTARA INTELLECTUAL CAPITAL DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di Indonesia)

Authors

  • Lidya Wahyuni Universitas Bung Hatta
  • Fivi Anggraini Universitas Bung Hatta

Keywords:

Inovasi Teknologi, Intellectual Capital, Kinerja Perusahaan

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh inovasi teknologi sebagai variabel mediasi hubungan antara intellectual capital terhadap kinerja perusahaan. perusahaan manufaktur merupakan suatu perusahaan industri yang mengubah bahan mentah menjadi barang jadi. Pada penelitian ini digunakan beberapa perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa human capital dan relational capital berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, sedangkan structural capital dan inovasi bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

References

Pratiwi, T. R., & Laksito, H. (2014). Perubahan Struktur Dewan Komisaris. Dipnegoro Journal of Accounting, 03(03), 1–8.

Prihadyanti, D. (2015). Pembelajaran Teknologi di Perusahaan Manufaktur Berintensitas Teknologi Tinggi dan Menengah-Tinggi. Jurnal Manajemen Teknologi, 14(1), 1–14. Error! Hyperlink reference not valid.

Puspitasari & Srimindarti (2014). Puspitasari, E., & Srimindarti, C. (2014). Peran Indikator Kekayaan Intelektual Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 59–77.

Kaushalya, G. A. T. (2017). 2017 Mediating Effect of Management Accounting Practices on the Relationship Between Intellectual Capitaland Firm Performance, 14(1), 1–11. https:// doi.org/ 10.22441/ profita.2017.v12.03.00

Xu, J., Shang, Y., Yu, W., & Liu, F. (2019). Modal Intelektual , Inovasi Teknologi dan Kinerja Perusahaan : Bukti dari Sektor Manufaktur China, 1–15.

Downloads

Published

2022-03-09