PENGARUH TINGKAT PRODUKSI, HARGA TEH, INFLASI DAN KURS TERHADAP VOLUME EKSPOR TEH DI INDONESIA

PENGARUH TINGKAT PRODUKSI, HARGA TEH, INFLASI DAN KURS TERHADAP VOLUME EKSPOR TEH DI INDONESIA

Authors

  • Mariza Sovia Sari
  • Erni Febrina Harahap

Keywords:

Produksi, Tenaga Kerja, Penduduk

Abstract

Kegiatan perdagangan antar negara adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam era globalisasi saat ini. Ketergantungan antar negara semakin tinggi dalam pemenuhan kebutuhan dalam negeri, sehingga masing-masing negara memasarkan produk unggulannya di pasar global yang dikenal dengan kegiatan ekspor dan impor (Bustami dan Hidayat,2013). Era globalisasi saat ini tidak dapat dipisahkan dari kegiatan perdagangan internasional. Perdagangan internasional mempunyai peranan yang penting untuk negara berkembang. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang diharapkan untuk melakukan perdagangan internasional khususnya ekspor yang dapat menjadi penggerak ekonomi nasional dan meningkatkan pendapatan devisa (Suminar & Hms, 2019). Banyaknya produksi teh dalam negeri serta faktor lainnya menyebabkan pemasaran teh tidak hanya di dalam negeri tapi juga mancanegara. Sehingga teh merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan Indonesia yang banyak diekspor. Teh sebagai tanaman perkebunan merupakan salah satu komoditas yang menarik bagi banyak negara terutama negara berkembang, karena perkebunan teh memberi kesempatan kerja yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya dapat menghasilkan devisa yang sangat diperlukan bagi pembangunan nasional. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menguji secara empiris bagaimana pengaruh tingkat produksi, harga teh, inflasi dan kurs terhadap volume ekspor teh di Indonesia.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhikary, M., & Maity, S. (2010). India's tea export in the scenario of WTO: an analysis of trend and structural shift. International Journal of Indian Culture and Business Management, 3(2), 162-180.

Febri, R. R., Erni, F. H., & Irwan, M. (2020). Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Neraca Perdagangan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Nilai Tukar Rupiah Di Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Bung Hatta).

Salvatore, D. (1997). Ekonomi Internasional. Jakarta: Erlangga.

Samuelson, Paul A dan William D Nordhaus. 2012 Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta : PT Media

Global Edukasi.

Sukirno, Sadono. 2001, Pengantar Teori Makroekonomi, Edisi Kedua, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-02-24