FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KULINER MALAM DI KOTA PADANG (Studi Kasus Pedagang Kuliner Malam Area Pondok)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KULINER MALAM DI KOTA PADANG (Studi Kasus Pedagang Kuliner Malam Area Pondok)

Authors

  • Rio Candra Pranata
  • Evi Susanti Tasri

Keywords:

Pedagang, Kuliner, Ekonomi

Abstract

Terdapat banyak sector yang mengalami perkembangan di masa kini, tak terkecuali sektor perdagangan. Sektor tersebut menjadi sektor nonpertanian dengan pemberi sumbangan terkecil pada pendapatan total. Aktivitas jual beli dalam usaha kuliner malam pada masa kini kian berkembang, jumlah pengusaha kuliner malam menjadi fenomena atas mudahnya pembukaan aksen usaha tersebut. Usaha bisnis kuliner malam dipilih banyak orang sebab usaha tersebut tak sulit dilaksanakan serta tak mewajibkan seorang individu yang berusaha dengan tanpa memiliki pendidikan yang tinggi. Akan tetapi usaha kuliner malam tersebut digolongkan pada usaha yang sulit sebab memerlukan beragam kreativitas serta inovasi secara berkesinambungan. Zaman modern di masa kini usaha kuliner malam bersaing secara ketat, dengan tandanya yakni tak sedikit pengusaha yang menekuni usaha kuliner. Persaingan itu diakibatkan di masa kini kuliner merupakan usaha yang amat berprospek tinggi, serta dapat menjaga konsistensinya pada keadaan krisis. Penduduk yang kian mengalami peningkatan pertumbuhan menjadi penyebab atas peningkatan kebutuhan tak terkecuali kebutuhan makanan. Sdengan perkembangan masyarakat modern kerapkali dihubungkan dengan tingginya mobilisasi masyarakat serta kesibukan kerja serta berakibat pada kian banyaknya pekerja yang beraktivitas di luar rumah. Perihal tersebut memicu mayoritas orang tak memiliki waktu dalam membuat makanannya dan dengan demikian orang-orang akan mencari makanan cepat saji di luar sebab lebih efisien waktu.

References

Antara, I. K. A., & Aswitari, L. P. (2016). Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(11), 1265–1291.

Butarbutar, G. R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Makanan Khas di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Riau, 4(1), 619-633.

Dangin, I. G. A. B. T., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(7), 681–710.

Firdausa, R. A., & Arianti, F. (2013). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintoro Demak. Diponegoro Journal of Economics, 2(1), 1–6.

Hidayat. (2000). Sektor Informal dalam Struktur Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3S.

IMP, R., & Maghfira, A. N. (2018). Pengaruh Modal, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Di Pasar Ikan Hias Mina Restu Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(4), 1–9.

Irawan, H., & Ayuningsasi, A. . K. (2017). Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Kreneng Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(10), 1952–1982.

Sandro, P. M. (2020). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kuliner Di Wisata Kenjeran Park Kota Surabaya. Undergraduate Thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Sukirno, S. (2015). Makro Ekonomi Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syafii, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Rumah Makan Sudi Mampir Kelurahan Wek V Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Jurnal LPPM UGN, 7(2).

Wiyasa, I. B. W., & Dewi, M. H. U. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Melalui Curahan Jam Kerja Ibu Rumah Tangga Pengrajin Bambu Di Kabupaten Bangli. Piramida, 13(1), 27–36.

Yuniarti, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Tradisional Cinere Depok. 3(1), 165–170.

Downloads

Published

2022-03-04