PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMITE AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi kasus perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020)

Authors

  • Rama Hanafi Saputra Universitas Bung Hatta
  • Mukhlizul Hamdi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Integritas Laporan Keuangan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Komite Audit terhadap Integritas Laporan Keuangan pada perusahaan sub sector asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016- 2020, dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang didapat adalah sebanyak 12 sampel perusahaan sub sector asuransi yang terdaftar di BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data di olah dengan menggunakan SPSS 23.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap Integritas Laporan Keuangan, Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap Integritas Laporan Keuangan sedangkan Komite Audit berpengaruh negatif signifikan terhadap Integritas Laporan Keuangan.

References

Jama’an. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Publik Di BEJ). Universitas Diponegoro Semarang.

Rafada, E. (2018). Determinan Integritas Laporan Keuangan : Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks LQ-45 Di Indonesia. Skripsi Universitas ISlam Indonesia Yogyakarta.

Statement of Financial Accounting Concepts No.2. (1980). Financial Accounting Standards Board (FASB). Stamford Connecticut.

Yulinda, N., Nasir, A., & Idrus, R. (2016). Pengaruh Komisaris Independen, Komite Audit, Leverage, Pergantian Auditor, Dan Spesialisasi Industri Auditor Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 3(1), 419–433.

Downloads

Published

2022-03-15