PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Giolanda Dwi Putra Universitas Bung Hatta
  • Meihendri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan

Abstract

Nilai suatu perusahaan atau lebih umum lagi harga sahamnya merupakan penilaian investor terhadap keberhasilan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahan pada perusahaan manufaktur. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 53 perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap nilai nilai perusahaan, sementara pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

C. F. dan R. D. Ukhriyawati, “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek,” J. Equilibria, vol. Vol 6(1), 2019.

D. dan N. K. Irawan, “Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. Vol 17(1):, 2019.

Downloads

Published

2022-03-15