PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, ETIKA PROFESI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi empiris pada Kantor Akuntan Publik Padang dan Pekanbaru)

Authors

  • Akbar Setiawan Universitas Bung Hatta
  • Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pengalaman Auditor, Etika Profesi, Self Efficacy, Kinerja Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh Pengalaman Auditor, Etika Profesi dan Self Efficacy terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Padang dan Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik. sedangkan Sampelnya adalah 95 Auditor di Kantor Akuntan Publik Padang dan Pekanbaru. Dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pengalaman Auditor dan Etika Profesi sama-sama berpengaruh Signifikan terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Padang dan Pekanbaru (2) Self Efficacy tidak berpengaruh terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Padang dan Pekanbaru.

References

Arumsari, dan Budiartha. 2016. Pengaruh Profesionaloisme Auditor, Independensi Auditor, Etika Profesi, Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Bali. E

Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana 5.8 (2016): 2297-2304. ISSN : 2337- 3067

Gultom, Yansen. 2015. Pengaruh Pengetahuan, Pengalaman Spesifik Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Auditor Dengan Kompleksitas Tugas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tekun Volume VI, No 1.

Hukrim. 2014. KAP Dinilai Lakukan Audit Diluar Kewenangan. Suluhriau. Diakses 6 Juli 2018.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.

Sianipar, R.H. 2021. Pemrograman MATLAB. Yogyakarta

Martoyo, Susilo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Mindarti, Ceacilia Sri. 2015. “Pengaruh Karateristik Individu terhadap Kinerja Auditor”. ISSN: 1979-6471. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume XVIII Nomor 3, Desember 2015, hal. 59-74.

Downloads

Published

2022-03-15