PENGARUH AUDIT TENURE, OPINION SHOPPING, AUDIT DELAY, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perkebunan di BEI Tahun 2015 – 2019)

Authors

  • Ratna Sari Universitas Bung Hatta
  • Yunilma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Audit Tenure, Opinion Shopping, Audit Delay, Likuiditas, Profitabilitas, Financial Distress dan Opini Audit Going Concer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh Audit Tenure, Opinion Shopping, Audit Delay, Likuiditas, Profitabilitas dan Financial Distress terhadap Opini Audit Going Concern. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perkebunan (agriculture) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 sampai 2019, dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel 21 perusahaan sektor perkebunan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Opinion shopping, Likuiditas dan Financial distress berpengaruh signifikan terhadap Opini Audit Going Concern, sedangkan Audit tenure, Audit delay dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern.

References

Bismark, P. (2017, September 23). Prospek Bisnis Pada Perusahaan LQ-45. Ekonomi Financial Harian Umum Kompas.

Gusniar, P. (2020). Kinerja 2019: Musim Menandatang Emiten Sektor Perkebunan. Jurnal Bisnis Dan Keuangan, 12(2), 22–31.

Meckling, M. C. J. & W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior Agency Cost and Ownership Structure. Jurnal of Financial Economic, 3(10), 305–360.

Tandelilin Eduardus. (2010). Dasar Dasar Manajemen Investasi Edisi II. Yogyakarta. BPFE.

Downloads

Published

2022-03-15