PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Property & Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-201

Authors

  • Gamar Hasbi Universitas Bung Hatta
  • Yunilma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Keputusan Investasi, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang disetujui oleh investor seandainya perusahaan dijual. Di pasar modal nilai perusahaan dapat dilihat dari harga saham. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh keputusan investasi, struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memggunakan sampel 13 perusahaan manufaktur sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data di olah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan investasi, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, struktur modal, kebijakan dividen dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Feriyanto M. Z., & Djawoto. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Vol. 9, No. 4, April 2020.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7),

-4422.

Fauziah, Fenty. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan: Teori dan Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Jogiyanto H. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kesembilan. BPEY. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-15