PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019)

Authors

  • Laily Rahmi Universitas Bung Hatta
  • Ethika Universitas Bung Hatta

Keywords:

Akuntan Lingkungan, Kepemilikan Asing dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh Akuntansi Lingkungan dan Kepemilikan Asing terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 sampai 2019, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 10 perusahaan pertambangan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.go.id). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan akuntansi lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 sampai 2019.

References

Destiani, T., & Hendriyani, R. M. (2021). Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 33– 51.

Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hansen, D. R., Mowen, M. M., & Guan, L. 2015. Cost Management (Accounting & Control) (Sixth ed.). Canada: Cengage Learning

Heni, S. (2020). Analisis penerapan akutansi lingkungan terhadap kinerja lingkungan pada rsud raa soewondo pati. 1, 21–32.

Hermiyetti, & Katlanis, E. (2017). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Media Riset Akuntansi, 6(2), 25–43.

Priyanto, E. A. (2020). Jurnal Kebijakan Ekonomi Pengaruh Kepemilikan Asing terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. 15(2).

Sugiarto (2009). Struktur Modal ,Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri, Graha ILmu Yogyakarta.

Yunita, W., & Ethika, E. (2021). Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta)

Downloads

Published

2022-03-15