PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS SWALAYAN GRAND CITRA LUBUK BUAYA PADANG)

Authors

  • Oka Rezski Pratama Universitas Bung Hatta
  • Surya Dharma Universitas Bung Hatta
  • Wiry Utami Universitas Bung Hatta

Keywords:

Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonik, Pembelian Impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh atmosfer toko dan motivasi belanja hedonik terhadap pembelian impulsif di swalayan grand citra lubuk buaya padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah pelanggan yang melakukan pembelian tidak terduga di grand citra swalayan dalam 3 bulan terakhir yang berjumlah 137 orang dengan bantuan alat analisis Stata/SE 12.1. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa atmosfer toko berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, sedangkan motivasi belanja hedonik tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada pelanggan grand citra swalayan.

References

Sangadji, Sopiah. 2014. Perilaku Konsumen:

Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Schiffman, Leon dan Leslie, Lazar Kanuk.

Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Jakarta:

PT. Indeks.

Utami, C. W. 2008. Manajemen Ritel.

Salemba empat: Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen

Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan

Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-03