ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN,PERCEIVED RISK,DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS SHOPEE (Studi Kasus: Di Kota Padang)
Keywords:
Purchasing Decisions, Trust, Perceived Risk, and Electronic Word of MouthAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Kepercayaan, Perceived Risk, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Padang yang akan melakukan pembelian di situs shopee. jumlah sampel yang ditetapkan peneliti adalah 80. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil analisis dan pengujian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee. Perceived Risk tidak berpengaruh terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee. Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee.Peneliti mengharapkan agar pihak perusahaan mempertahankan kepercayaan konsumen serta meningkatkan pelayanan dari electronic word of mouthyang telah ada sebagai media yang akan memberikan manfaat, kenyamanan, dan juga kontrol diri yang baik saat melakukan kegiatan berbelanja online. Namun, pihak perusahaan sebaiknya menurunkan risiko bagi konsumen dalam belanja online seperti kesesuai barang, keamanan pengiriman dan kualitas produk untuk meningkatkan kenyamanan konsumen dalam berbelanja online di Shopee.References
Dodds, William, B., Kent, B, Monroe,
and Dhruv Grewal., 1991, Effects of
Price, Brand, and Store Information on
Buyers Product Evaluations, Journal of
Marketing Research, Vol. 28, pp. 30719.
Gefen, David., Karahanna, E. Dan
Straub. 2004. The relative importance
of perceived ease-of-use in IS
acceptance: A study of e-commerce
acceptance. Journal of AIS, 1, 8
(October 2004), 1–30.
Gruen,T.W et al (2006), e-WOM: The
Impact Of Customer-To-Customer
Online Knowhow Exchange On
Customer Value And Loyalty. Journal
Of Business Research. Vol. 59. No.4,
Pp. 449-456.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller.
Manajemen Pemasaran, Jilid 1.
Jakarta: Erlangga
Malhotra, N.K., 2009, Riset
Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT
Indeks, Jakarta
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena,
K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan
konsumen terhadap minat beli produk
pakaian secara online. Jurnal
Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1
).