ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN,PERCEIVED RISK,DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS SHOPEE (Studi Kasus: Di Kota Padang)

Authors

  • Kintan Sasmadewi Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Purchasing Decisions, Trust, Perceived Risk, and Electronic Word of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Kepercayaan, Perceived Risk, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Padang yang akan melakukan pembelian di situs shopee. jumlah sampel yang ditetapkan peneliti adalah 80. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil analisis dan pengujian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee. Perceived Risk tidak berpengaruh terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee. Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuutusan pembelian online di situs Shopee.Peneliti mengharapkan agar pihak perusahaan mempertahankan kepercayaan konsumen serta meningkatkan pelayanan dari electronic word of mouthyang telah ada sebagai media yang akan memberikan manfaat, kenyamanan, dan juga kontrol diri yang baik saat melakukan kegiatan berbelanja online. Namun, pihak perusahaan sebaiknya menurunkan risiko bagi konsumen dalam belanja online seperti kesesuai barang, keamanan pengiriman dan kualitas produk untuk meningkatkan kenyamanan konsumen dalam berbelanja online di Shopee.

References

Dodds, William, B., Kent, B, Monroe,

and Dhruv Grewal., 1991, Effects of

Price, Brand, and Store Information on

Buyers Product Evaluations, Journal of

Marketing Research, Vol. 28, pp. 30719.

Gefen, David., Karahanna, E. Dan

Straub. 2004. The relative importance

of perceived ease-of-use in IS

acceptance: A study of e-commerce

acceptance. Journal of AIS, 1, 8

(October 2004), 1–30.

Gruen,T.W et al (2006), e-WOM: The

Impact Of Customer-To-Customer

Online Knowhow Exchange On

Customer Value And Loyalty. Journal

Of Business Research. Vol. 59. No.4,

Pp. 449-456.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller.

Manajemen Pemasaran, Jilid 1.

Jakarta: Erlangga

Malhotra, N.K., 2009, Riset

Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT

Indeks, Jakarta

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena,

K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan

konsumen terhadap minat beli produk

pakaian secara online. Jurnal

Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1

).

Downloads

Published

2022-08-03