PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN HUTANG, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA
Keywords:
Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, Pertumbuhan PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 perusahaan Sub sector makanan dan minuman periode 2016-2020, dengan teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampling jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan sofware SPSS. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Ukuran Perusahaan yang tidak berpengaruh, Kebijakan Hutang berpengaruh Positif dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif terhadap Profitabilitas (ROA).References
Murthi, Silvia Nur Krishna, Ahmad
Subaki, and Sumardi. 2021. “Pengaruh
Pertumbuhan Penjualan, Perputaran
Piutang, Perputaran Persediaan, Ukuran
Perusahaan Dan Leverage Terhadap
Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan
Sektor Makanan Dan Minuman Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).”
ULTIMA Accounting 13(2): 271–93.
https://ejournals.umn.ac.id/index.php/Aku
n/article/view/2294.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan
Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. 2014.
Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Semarang: Badan penerbit Universitas
Diponegoro.
Diartiwi, Anggraeni Eka, and Yuniasi
Ardini. 2019. “Pengaruh Perputaran
Modal Kerja, Ukuran Perusahaan,
Leverage Dan Perputaran Piutang
Terhadap Profitabilitas.” Jurnal Ilmu dan
Riset Akuntansi 8(3): 1–17
Adawiyah, Aminatus Zuhriyah, and Heru
Suprihhadi. 2017. “Pengaruh Modal, Aset
Dan Ukuran Perusahaan Terhadap
Profitabilitas Perbankan.” Jurnal Ilmu dan
Riset Manajemen 6(1): 1–15.