PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, NILAI PENAWARAN SAHAM, DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP INTIAL RETURN PADA PERUSHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 20162020.

Authors

  • Refal Dwi Oktahara Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta

Keywords:

Reputasi Underwriter, Nilai Penawaran Saham, Volume Perdagangan Saham, Initial Return

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, nilai penawaran saham, dan volume perdagangan saham terhadap initil return pada perusahaan yang melakukan initial public offering tahun 2016–2020. Pengambilan sempel dilakukan dengan metode sampling jenuh, sehingga sampel akhir yang didapatkan peneliti berjumlah 123 perusahaan yang melakukan initial public offering tahun 2016–2020. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari indonesian capital market of directory, fact report yang di download dari website www.idx.co.id. Data analisis dioleh dengan bantuan aplikasi stata 15. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel reputasi underwrtiter berpengaruh positif terhadap initial return. Untuk variabel penawaran saham berpengaruh negatif terhadap initial return. Untuk variabel volume perdagangan saham tidak berpengaruh terhadap initial return.

References

Akbar, H. P. (2021). Pengaruh Reputasi

Underwriter Volume Perdagangan dan

Asimetri Informasi Terhadap Fenomena Initial

Return Pada Perusahaan yang Melakukan

Initial Public Offering di BEI. Accounting

Analysis Journal, 13(2).

Amelia, Putri, fajri adrianto. (2020).

Pengaruh Reputasi Underwriter,

Underpricing, Financial Leverage Dan

Profitabilitas Terhadap Kinerja Initial Public

Offering (IPO) Putri. Manajemen Strategis

Dan Simulasi Bisnis, 1(1), 49–65.

Husda, A. (2014). Pengaruh Nilai peawaran

Saham, Prosentase Penilaian Saham dan

Earning Per Share Terhadap Initial Return

(Study Empiris Pada Perusahaan IPO di

Bursa Efek Indonesia) Ekonomic Of Journal,

(4)

Nuryasinta, A., & Haryanto, M. (2017).

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Initial Return Pada Perusahaan Non

Keuangan yang Melakukan Initial Publi

Offering (IPO) di BEI periode 2010-2015.

Diponegoro Journal Of Management, 6(2), 111.

Downloads

Published

2022-08-03