PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020)
Keywords:
: Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan DividenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ukuran perusahaan, profitabililtas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini, adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, adalah perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020 sejumlah 35 perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif dan signifikan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, berbeda dengan variabel profitabilitas yang menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.References
A. Nauli, C. Halim, And Sonia, “Pengaruh
Likuiditas, Profitabiltas, Struktur Modal,
Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen
Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur
Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,”
Vol. 4, 2021.
N. K. Indrayani, I. D. M. Endiana, And I. G.
A. A. Pramesti, “Pengaruh Ukuran
Perusahaan, Probitabilitas, Kebijakan
Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage
Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan,”
Vol. 3, No. 1, Pp. 52–62, 2021.
Y. Analisa, “Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Leverage, Profitabilitas, Dan Kebijakan
Dividen Terhadap Nilai Perusahaan,”
Universitas Diponegoro, 2011.
A. Sartono, Manajemen Keuangan Teori
Dan Aplikasi Edisi 4, 4th Ed. Yogyakarta:
Bpfe-Yogyakarta, 2016
Downloads
Published
2022-08-03
Issue
Section
Executive Summary