PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020)

Authors

  • Imam Kahfi Universitas Bung Hatta
  • Ethika Universitas Bung Hatta

Keywords:

: Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ukuran perusahaan, profitabililtas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini, adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, adalah perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020 sejumlah 35 perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif dan signifikan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, berbeda dengan variabel profitabilitas yang menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

A. Nauli, C. Halim, And Sonia, “Pengaruh

Likuiditas, Profitabiltas, Struktur Modal,

Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen

Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur

Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,”

Vol. 4, 2021.

N. K. Indrayani, I. D. M. Endiana, And I. G.

A. A. Pramesti, “Pengaruh Ukuran

Perusahaan, Probitabilitas, Kebijakan

Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage

Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan,”

Vol. 3, No. 1, Pp. 52–62, 2021.

Y. Analisa, “Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Leverage, Profitabilitas, Dan Kebijakan

Dividen Terhadap Nilai Perusahaan,”

Universitas Diponegoro, 2011.

A. Sartono, Manajemen Keuangan Teori

Dan Aplikasi Edisi 4, 4th Ed. Yogyakarta:

Bpfe-Yogyakarta, 2016

Downloads

Published

2022-08-03