PENGARUH PENGUNGKAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di BEI tahun 2016-2021)

Authors

  • Meri Yana Universitas Bung Hatta
  • Ethika Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nilai perusahaan, akuntansi, CSR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan, corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi. Objek penelitian pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sampel terpilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 9 perusahaan dan 54 observasi. Teknik analisis menggunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan pengungkapan akuntansi lingkungan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan tidak mampu memoderasi hubungan antara variabel pengungkapan akuntansi lingkungan maupun CSR terhadap nilai perusahaan

References

Sartono, Agus, 2010, Manajemen Keuangan:

Teori dan Aplikasi, Edisi Keempat, BPFE,

Yogyakarta.

Sholichah, W. A. (2015). Pengaruh Struktur

Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Leverage

terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset

Akuntansi, 4(10), 1-17.

Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2015).

Cornerstones of Cost Management. Cengage

Learning.

Retnaningsih, H. (2015). Permasalahan Corporate

Social Responsibility (CSR) dalam Rangka

Pemberdayaan Masyarakat. Aspirasi: Jurnal

Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 177-188

Downloads

Published

2022-08-04