PERAN KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG Studi Kasus: UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat

Authors

  • Even Triawan Zebua Universitas Bung Hatta
  • Even Triawan Zebua Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan, kinerja pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran keunggulan bersaing memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat. Sampel yang digunakan sebanyak100 responden. Teknik penarikan sampel adalah simple random sampling. Data diolah menggunakan Smarts PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, dan keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat.

References

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang

Fatmawati et al. (2016). Meningkatkan Kinerja

Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi

Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan

Bisnis,

(1),

–

https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.237

Salindeho, A. E., & Mandey, S. L. (2018).

Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi

Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki

(Pada PT. Sinar Galesong Mandiri

Cab.Malalayang). Jurnal EMBA, 6(4), 3348–

Boehm. (2008). Meningkatkan Kinerja

Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi

Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan

Bisnis,

(1),

–38.

https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2397

Masa’deh et al. (2018). The associations among

market orientation, technology orientation,

entrepreneurial orientation and organizational

performance. Benchmarking, 25(8), 3117–3142.

https://doi.org/10.1108/BIJ-02-2017-0024

Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi

Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap

Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan

Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus

Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan

Akuntansi,

(2).

https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v%vi%i.34

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif Dan R&D.

Hair dkk. (2019).Multivariate Data Analysis

Eighth Edition. www.cengage.com/highered

Downloads

Published

2022-08-04