PERAN KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG Studi Kasus: UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat
Keywords:
Keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan, kinerja pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran keunggulan bersaing memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat. Sampel yang digunakan sebanyak100 responden. Teknik penarikan sampel adalah simple random sampling. Data diolah menggunakan Smarts PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat, dan keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Padang Barat.References
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang
Fatmawati et al. (2016). Meningkatkan Kinerja
Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi
Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
Bisnis,
(1),
–
https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.237
Salindeho, A. E., & Mandey, S. L. (2018).
Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi
Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki
(Pada PT. Sinar Galesong Mandiri
Cab.Malalayang). Jurnal EMBA, 6(4), 3348–
Boehm. (2008). Meningkatkan Kinerja
Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi
Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
Bisnis,
(1),
–38.
https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2397
Masa’deh et al. (2018). The associations among
market orientation, technology orientation,
entrepreneurial orientation and organizational
performance. Benchmarking, 25(8), 3117–3142.
https://doi.org/10.1108/BIJ-02-2017-0024
Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi
Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap
Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan
Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus
Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan
Akuntansi,
(2).
https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v%vi%i.34
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif Dan R&D.
Hair dkk. (2019).Multivariate Data Analysis
Eighth Edition. www.cengage.com/highered