ANALISA TERHADAP FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur dan Sektor Properti dan Real Estate Pada Tahun 2018 – 2021)
Keywords:
Capital, Inventory, Pricing, Earnings, PajakAbstract
Agresivitas pajak adalah tindakan penghindaran pajak dengan cara memanipulasi beban pajak secara tax avoidance maupun tax evasion yang bertujuan untuk mengecilkan beban pajak yang dibayarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh capital intensity, inventory intensity, transfer pricing, dan earnings management terhadap agresivitas pajak. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana menghasilkan sebanyak 22 perusahaan sektor infrastruktur dan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018 – 2021. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan yang diambil dari www.idx.co.id. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa capital intensity dan transfer pricing berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, sementara itu inventory intensity berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangakan earnings management tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.References
G. H. Darmawan and M. Sukartha, “Pengaruh
Penerapan Corporate Governance, Leverage,
Return On Assets, Dan Ukuran Perusahaan
Pada Penghindaran Pajak,” E-Jurnal Akunt.
Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 143–161,
Y. I. Santoso, “Ada 9.496 wajib pajak badan
merugi yang bakal kena pajak 1%,”
Kontan.co.id, 2021. .
M. Wildan, “BKF: Sektor Properti Masih
Kurang Dipajaki,” news.ddtc.co.id, 2020.
S. Devano and S. K. Rahayu, Perpajakan :
Konsep, Teori, dan Isu, Edisi 1. Jakarta :
Kencana, 2006.
I. Ghozali and A. Chariri, Teori Akuntansi.
Semarang: Universitas Diponegoro, 2007.
M. C. Jensen and W. H. Meckling, “Theory of
the firm: Managerial behavior, agency costs
and ownership structure,” in Corporate
Governance: Values, Ethics and Leadership,
Taylor and Francis, 2019, pp. 77–132