PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAKDENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAKDENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Teguh Aditya Putra
  • Poppy Fauziati

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Kulaitas Pelayanan Pajak, Pengetahuan Perpajakan.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang dimoderasi ole pengetahuan perpajakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Analisis data dilakukan dengan metode nalisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan pajak dan kualitas pelayanan pajak yang dimoderasi oleh pengetahuan perpajakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

References

Republik Indonesia. Undang-Undang

Nomor 16 Tahun 2009 tentang

Penetapan Peraturan Pemerintah

Pengganti Undang-Undang Nomor 5

Tahun 2008 Tentang Perubahan

Keempat Atas Undang-Undang

Nomor 6 Tahun 1983

Sari, R.A. 2013. Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak

Dalam MembayarPajak Kendaraan

Bermotor (PKB) Di Unit Pelayanan

Pendapatan Provinsi (UPPP) Kabupaten

Seluma. Ekombis Review

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned

Behavior. Organizational Behavior and

Human Decision Processes, 50: 179211.

Ermawati, N. 2018.Pengaruh

Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak

Dan Pengetahuan Perpajakan

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Jurnal STIE Semarang. Vol.10,

No. 1

Downloads

Published

2023-03-03