PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAKDENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAKDENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Keywords:
Kepatuhan Wajib Pajak, Kulaitas Pelayanan Pajak, Pengetahuan Perpajakan.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang dimoderasi ole pengetahuan perpajakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Analisis data dilakukan dengan metode nalisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan pajak dan kualitas pelayanan pajak yang dimoderasi oleh pengetahuan perpajakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.References
Republik Indonesia. Undang-Undang
Nomor 16 Tahun 2009 tentang
Penetapan Peraturan Pemerintah
Pengganti Undang-Undang Nomor 5
Tahun 2008 Tentang Perubahan
Keempat Atas Undang-Undang
Nomor 6 Tahun 1983
Sari, R.A. 2013. Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak
Dalam MembayarPajak Kendaraan
Bermotor (PKB) Di Unit Pelayanan
Pendapatan Provinsi (UPPP) Kabupaten
Seluma. Ekombis Review
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned
Behavior. Organizational Behavior and
Human Decision Processes, 50: 179211.
Ermawati, N. 2018.Pengaruh
Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak
Dan Pengetahuan Perpajakan
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Jurnal STIE Semarang. Vol.10,
No. 1
Downloads
Published
2023-03-03
Issue
Section
Executive Summary