ANALISIS PENGARUH UPAH MINIMUM PROVINSI,INVESTASI DAN KEMISKINAN TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT

ANALISIS PENGARUH UPAH MINIMUM PROVINSI,INVESTASI DAN KEMISKINAN TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Siti Patimah Zarah
  • Kasman Karimi

Keywords:

Upah Minimum Provinsi, Investasi, Kemiskinan, Ketimpangan Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara upah minimum provinsi, investasi, dan kemiskinan terhadap ketimpangan pendapatan, serta untuk mengetahui sebesarapa besar upah minimum provinsi, investasi, dan kemiskinan terhadap ketimpangan pendapatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi liniear data panel. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Barat. Seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari BPS dan sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Sampel penelitian dari tahun 1999-2021. Sedangkan waktu penelitian ini akan dilakukan pada bulan April 2022 sampai selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upah Minimum Provinsi, Investasi dan Kemiskinan secara parsial dan simultan berpengaruh dan signifikan Terhadap Ketimpangan Pendapatan di provinsi Sumatera Barat.

References

Abram, M., & Yeniwati, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Sumber daya Manusia, Korupsi dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 3(3).

Afandi, A., Rantung, V. P., & Marashdeh, H. (2017). Determinants of income inequality. Economic Journal of Emerging Markets, 9(2), 159.

Ahmad, D., & Triani, M. (2019). Analisis Kausalitas Antara Kemiskinan, Ketimpangan Pendapatan dan Tingkat Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal EcoGen, 1(3), 604–615.

Anshari, M., Azhar, Z., & Ariusni, A. (2019). Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah Minimum Provinsi dan Belanja Modal Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Seluruh Provinsi Di Indonesia. Jurnal Ecogen, 1(3), 494–502.

Downloads

Published

2023-03-04