Pengaruh Earnings Management sebagai Variabel Moderating pada Hubungan Perspektif Fraud Triangle dengan Nilai Perusahaan

Pengaruh Earnings Management sebagai Variabel Moderating pada Hubungan Perspektif Fraud Triangle dengan Nilai Perusahaan

Authors

  • Artha Sena
  • Popi Fauziati

Keywords:

Financial Stability, External Pressure, Financial Target, Nature of Industry, Rationalization, Earnings Management

Abstract

id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial stability, external pressure, financial target, nature of industry, rationalizaton terhadap nilai perusahaan dengan earnings management sebagai variable moderasi. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan sector barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel pada penelitian ini terdiri dari 47 perusahaan yang sesuai dengan kriteria penelitian, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan adalah laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, situs web perusahaan dan sumber lainnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa external pressure, financial target, dan nature of industry berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Financial stability, rationalization, earning management tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Earnings Management mampu memoderasi pengaruh financial stability terhadap nilai perusahaan. Earnings Management tidak mampu memoderasi pengaruh external pressure, financial target, nature of industry, rationalizaton terhadap nilai perusahaan

References

Hidayattullah, S. M. (2020). Pengaruh

Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran

Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan

Kebijakan Utang terhadap Nilai

Perusahaan. (Studi Empiris pada

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di

Bursa Efek Indonesia Periode 2016 -2018)

(Issue February).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory

of the Firm: Managerial Behavior Agency

Costs and Ownership Structure. Journal of

Financial Economics, 3(10), 305–360.

https://doi.org/10.1177/0018726718812602

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh

Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694.

Putriani, A. C. E., Suryasaputra, R., & Karyadi, I. (2021). Pengujian Fraudulent Financial Reporting Sebagai Variabel Moderating: Pengaruh Perspektif Fraud Triangle Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). J-Mak, 1–12.

Skousen, C. J., Smith, K. R., & Wright, C. J. (2008). Detecting and predicting financial statement fraud: The effectiveness of the fraud triangle and SAS No. 99. Advances in Financial Economics, 13(99), 53–81. https://doi.org/10.1108/S1569-3732(2009)0000013005

Downloads

Published

2023-03-06