PENGARUH DEBT COVENANT, GROWTH OPPORTUNITIES, DEVIDEN PAYOUT RATIO DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI pada tahun 2016-2020)

PENGARUH DEBT COVENANT, GROWTH OPPORTUNITIES, DEVIDEN PAYOUT RATIO DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI pada tahun 2016-2020)

Authors

  • Afdhal
  • Dandes Rifa

Keywords:

debt, growth, deviden, intensitas modal, konservatisme akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh debt covenant, growth opportunities, deviden payout ratio dan intensitas modal terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Sampel penelitian dipilih denagan menggunakan metode sensus sampling. Data diamabil dari 14 perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2020. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ini regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa debt covenant dan intensitas modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservstisme akuntansi, growth oppoertunities berpengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan deviden payout ratio tidak berpengaruh dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi.

References

Suwardjono, (2015), Teori akuntansi perekayasaan pelaporan keuangan (Edisi 3), BPFE Yogyakarta

Novianti. N, (2017). Pengaruh Tingkat Konvergensi IFRS terhadap Konservatisme Akuntansi, jurnal EKOBISTEK, 6(2), 320 – 330

Fatmariani, (2013), Pengaruh Struktur Kepemilikan, Debt covenant dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Septian Ardo dan Anna Yane Devi, (2014), Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Debt Covenant, dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi, e-Proceeding of management Volume 1 Nomor 3

Aristiyani, Desak Gede Utami dan I Gusti Putu Wirawati, (2013), Pengaruh Debt To Total Assets, Dividen Payout Ratio Dan Ukuran Perusahaan Pada Konservatisme Akuntansi Perusahaan Manufaktur Di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 3.3: 216-230

Rivandi Muhammad dan Ariska Sherly, (2019), Pengaruh Intensitas Modal, Deviden Payout Ratio, dan Financial Distress Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Benefita 4(1), (104-114).

Downloads

Published

2023-03-06