PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DANPROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DANPROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Uswah Hasanah
  • Mukhlizul Hamdi

Keywords:

Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Nilai perusahaan merupakan nilai pasar atas surat berharga hutang dan ekuitas perusahaan yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2021, dengan menggunakan metode purposive sampling.Sampel yang didapat adalah sebanyak 52 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id .Data di olah dengan menggunakan SPSS 21.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa seluruh variabel independen yaitu ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan

References

Margaretha, F. (2014). Dasar-dasar

Manajemen Keuangan. Dian Rakyat.

Wijaya, B. I., & Sedana, I. . P. (2015).

Pengaruh Profitabilitas Terhadap

Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen

Dan Kesempatan Investasi Sebagai

Variabel Mediasi). E-Jurnal

Manajemen Unud, 4(12), 4477–4500.

Rahmani, A. N. (2020). Dampak

Covid-19 Terhadap Harga Saham dan

Kinerja Keuangan Perusahaan. Kajian

Akuntansi, 21(2), 252–269.

https://doi.org/10.29313/ka.v21i2.643

Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022).

Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran

Perusahaan Terhadap Nilai

Perusahaan Sub Sektor Kimia Yang

Terdaftar Di Bursa Efek Periode

-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi

Kesatuan, 10(1), 1– 8.

https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I.

K. (2017). Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas Udayana ( Unud ).

E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3),

–1277.

Cahyani, S. I., & Rahayu, Y. (2022).

Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Pertumbuhan Penjualan Dan

Profitabilitas Terhadap Nilai

Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset

Akuntansi, 6(1), 1.

https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4

Downloads

Published

2023-03-06