PENGARUH PROPORSI PEREMPUAN PADA STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT BEHAVIORS DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non Primer yang Terdaftar di Bursa Efe
Keywords:
dewan komisaris perempuan, dewan direksi perempuan, komite audit perempuan, kepemilikan institusional, earnings managementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh dewan komisaris perempuan, dewan direksi perempuan, komite audit perempuan terhadap earnings management behaviors dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi pada perusahaan barang konsumen non primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif yang diolah dengan SPSS 25, sumber data yang didapat adalah data sekunder yang didapat dari website masing-masing perusahaan dan website Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga terdapat 30 sampel yang sesuai dengan kriteria. Teknik dan Analisa data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis regresi linear dengan Moderated Regression Analysis. Dewan komisaris perempuan berpengaruh positif terhadap earnings management, dewan direksi perempuan berpengaruh positif terhadap earnings management, komite audit perempuan berpengaruh negatif terhadap earnings management, Kepemilikan institusional memperlemah hubungan antara dewan komisaris perempuan dan earnings management, kepemilikan institusional memperlemah hubungan antara dewan direksi perempuan dan earnings management, kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi hubungan antara komite audit dan earnings management.References
Altarawneh, M., Shafie, R., & Ishak, R. (2020a).
CEO characteristics: A literature review and
future directions. Academy of Strategic
Management Journal, 19(1), 1–10.
Altarawneh, M., Shafie, R., & Ishak, R. (2020b).
Chief executive officer characteristics and
financial restatements in Malaysia. International
Journal of Financial Research, 11(2), 173–186.
Damayanti, N. P. R., Suryandari, N. N. A., &
Putra, G. B. B. (2022). Pengaruh Ukuran
Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan,
Profitabilitas dan Kompetensi Dewan Komisaris
terhadap Manajemen Laba. Kumpulan Hasil
Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(1),
–204.
Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021).
Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan
terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion
Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124–
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan
Sampel. Disampaikan Pada Workshop Update
Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis
Data, Dan Isu Plagiarisme, 1–7.
Rohmah, N. W., & Meirini, D. (2022). Pengaruh
Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan
Manajerial, dan Gender Diversity terhadap
Manajemen Laba. JURNAL MANEKSI, 11(2),
–373.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif
dan R&D (2th ed.)