FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
Audit Quality, Audit Opinion, Change of Management, Financial Distress, Company Size and Auditor SwitchingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi auditor switching pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dari tahun 2017 sampai dengan 2020. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi binary logistic. Proses pengolahan data dilakukan dengan SPSS. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis ditemukan opini audit, financial distress dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh sigifikan terhadap auditor switching pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Selain itu dari hasil pengujian hipotesis juga ditemukan kualitas audit dan pergantian manajemen berpengaruh negatif terhadap auditor switching pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai dengan 2020References
Prastya, A. H., & Jalil, F. Y. (2020). Pengaruh
Free Cash Flow, Leverage, Profitabilitas dan
Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan
Dividen. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis
Terkini, 1(1), 131–148.
Nelyumna, Murni, Y., & Arta, B. P. (2021).
Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris
Independen, Komite Audit, Financial Distress,
dan Ukuran Perusahaan Terhadap Auditor
Switching (Studi Empiris pada Perusahaan
Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode
-2019). Relevan Vol. 01, No. 02.
Wulandari, M. W., & Suputra, I. D. G. D.
(2018). Pengaruh Pergantian Manajemen dan
Audit Fee Pada Auditor Switching dengan
Reputasi Auditor Sebagai Variabel
Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas
Udayana, Vol 25(No 1).
Fransisca, W. (2018). Pengaruh Reputasi
Auditor, Financial Distress, Ukuran Perusahaan
dan Opini Audit Terhadap Pergantian KAP
(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur
yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun
- 2016). Jurnal Akunansi Kontemporer,
(2), 1–15.
Sekaran, U., & Bougie, R. J. (2016). Research
Methods For Business: A Skill Building
Approach Seventh Edition. John Wiley & Sons
Ltd.