PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP BELANJA DAERAH (Studi empiris Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Periode 2017-2021)

Authors

  • Arif Syafitra Universitas Bung Hatta
  • Dwi Fitri Puspa Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, produk domestik regional bruto, belanja daerah, Eviews12

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Produk Domestik Bruto terhadap Belanja Daerah. Penelitian ini menggunakan data Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Baratsebagai sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan Analisis Regresi Data Panel dengan program Eviews12 dan tingkat signifikansi 5% (0,05). Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Produk Domestik Regional Bruto tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Sedangkan variabel Dan Alokasi Khusus dan Dana alokasi khusu berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Daerah, sehingga besar kecilnya penerimaan dana alokasi umum atau dan aloaksi khusus pengaruhnya terhadap belanja daerah.

References

Dedi Nordiawan, 2007 Akuntansi

Pemerintahan, Jakarta ; Salemba Empat

Halim. 2007. Akuntansi Sektor Publik:

Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta :

Salemba Empat.

Sagala, M. S., & Malau, Y. N. (2023).

Pengaruh PDRB, Dana Bagi Hasil dan

Investasi terhadap Belanja Daerah Di

Downloads

Published

2023-08-25