PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN KONDISI KEUANGAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Keywords:
Kualitas pelayanan fiskus, kesadaran pajak, kondisi keuangan, kepatuhan wajib pajakAbstract
Pajak merupakan salah satu elemen paling penting dalam suatu negara sebab ia merupakan sumber pendapatan bagi suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) mengetahui pengaruh kesadaran pajakaterhadap kepatuhan wajibapajak, 3) mengetahui pengaruha kondisi keuangana wajib pajaka dalam memoderasia pengaruh kualitasa pelayanan fiskusa terhadap kepatuhan wajibapajak, 4) mengetahui pengaruh kondisi keuangan wajib pajak dalam memoderasia pengaruh kesadaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajakaorang pribadiayang terdaftaradi KPPaPratama Padang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KP Pratama. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang yang dipilih menggunakan tehnik sampling convienance sampling. Teknik analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas pelayanan fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. 2) kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05. 3) kondisi keuangan dapat memoderasi hubungan antara kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 4) Kondisi keuangan dapat memoderasi hubungan antara kesadaran wajib pajak fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05.References
Yuslina, P., Tanjung, A. R., & Silfi, A. (2018).
Pengaruh Pelayanan Fiskus, Pengetahuan
Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan
Kondisi Keuangan dan Preferensi Resiko Wajib
Pajak Sebagai Variabel Moderating (Study
Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota
Pekanbar. Akuntansi Dan Manajemen, 13(2),
–57. https://doi.org/10.30630/jam.v13i2.38.
Riani, Y. . (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Fiskus dan Penerapan Aplikasi E-System Pajak
terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak.
Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(2).
Susanti, Y., & Suhono, S. (2020). Pengaruh
Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Orang Pribadi Di Kpp Pratama Karawang Utara.
E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Udayana, 1083.
https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i11.p04.
Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh
Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman