KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PELAYANAN PAJAK TERHADAP KINERJA PENERIMAAN PAJAK DI KOTA PADANG

Authors

  • Ary Darwin
  • Popi Fauziati
  • Daniati Puttri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujipengaruhkesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak terhadap kinerja penerimaan pajak di kota padang. Sampel dalam penelitian ini adalah hotel berkategori bintang beserta karyawan hotel yang telah terdaftar sebagai wajib pajak untuk dijadikan responden. Sampel yang diambil berjumlah keseluruhan 21 hotel dengan tingkat populasi karyawannya sebanyak 1.469 orang. Akan tetapi tidak semua jumlah karyawan tersebut dijadikan objek guna menghemat waktu penelitian dan biaya.Jumlah responden ditentukan sebanyak 63 orangdari total 69 responden.Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode survei dengan menggunakan media kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja penerimaan pajak.

Kata kunci : Kinerja Penerimaan Pajak, kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Pajak

Published

2014-03-13