PENGARUH EFEKTIFITAS SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Indah Mustika Febriani
  • Fivi Anggraini
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang dirancang untuk memberikan informasi kepada pengguna laporan keuangan, untuk mengambil keputusan dan sebagai pertanggung jawaban. Oleh karena itulah diperlukan laporan keuangan yang berkualitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektifitas sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas informasi laporan keuangan dengan sistem pengendalian intern sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala bagian atau staf  yang bekerja pada bagian keuangan berjumlah 58 orang. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda.

Dari hasil pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa efektifitas sistem akuntansi keuangan daerah tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi laporan keuangan dan efektifitas sistem akuntansi keuangan daerah juga tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi laporan keuangan melalui sistem pengendalian intern sebagai variabel intervening.

 

Kata kunci : Efektifitas Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Informasi Laporan Keuangan, Sistem Pengendalian Intern.

Published

2013-03-18