ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI SEKOLAH DI INDONESIA

Authors

  • Mellisa Putri Universitas Bung Hatta
  • Irwan Muslim Universitas Bung Hatta

Keywords:

Angka Partisipasi Sekolah, Pendapatan Perkapita, Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan, Rasio Murid Terhadap Guru, Jumlah Penduduk Miskin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Perkapita, Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan, Rasio Murid Terhadap Guru dan Jumlah Penduduk Miskin Terhadap Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data Produk Domestik Bruto Regional Bruto (PDRB) Indonesia, Rasio Murid Terhadap Guru, Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan, Jumlah Penduduk Miskin Indonesia, dan Angka Partisipasi Sekolah umur 16-18 tahun 2017-2022. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendapatan Perkapita dan Rasio Murid Terhadap Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia. Jumlah Penduduk Miskin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia, sedangkan Pengeluran Pemerintah di Sektor Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia

References

World Bank. (2022). Retrieved from:

https://www.worldbank.org/in/country/I

ndonesia/overview

Mulyadi. (2003). Ekonomi Sumber Daya

Manusia Dalam Perspektif

Pembangunan. Jakarta: Rajagrafindo

Persada.

Zahra, N. (2019). Pengaruh Kemiskinan Dan

Anggaran Pendidikan Terhadap Angka

Partisipasi Sekolah Di Indonesia.

Universitas Negeri Jakarta.

Elfarabi, (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Angka Partisipasi

Sekolah di Indonesia. Depok : Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia.

Rahmatin, U. Z., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh

Tingkat Kemiskinan dan Jumlah Sekolah

terhadap Angka Partisipasi Sekolah

(APS) Di Kota Surabaya. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 01(2), 127–140

Downloads

Published

2024-03-19