FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Roslin Roslin
  • Ethika Ethika
  • Resti Yulistia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris faktor-faktor  yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan Corporate Social Responsibility yang terdiri atas Leverage, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Saham Asing. Pemilihan data menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian menggunakan 11 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2007-2011. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan saham asing berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan variabel leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pengungkapan corporate social responsibility.\

Kata kunci : Leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan saham asing, dan kebijakan pengungkapan corporate social responsibility.

Published

2013-03-18