PENGARUH HARGA JUAL PADI, LUAS LAHAN DAN BIAYA USAHA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI JORONG PADANG SAWAH KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN

Authors

  • Natra Liarman Liarman
  • Antoni Antoni
  • Firdaus Firdaus

Abstract

Pendayagunaan sumber daya pertanian menjadi kunci dalam meningkatkan produktivitas pertanian sehingga sumber daya yang terbatas itu harus dialokasikan seefisien mungkin. Seperti diketahui sumber daya pertanian yang terdiri dari lahan, tenaga kerja, air, termasuk unsur-unsur yang terkandung didalamnya merupakan sumber daya yang utama untuk kelangsungan hidup manusia. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas serta pengujian statisitik yaitu koefisien determinasi (R2), pengujian F (F-test) dan uji koefisien regresi (t-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jual padi sawah berpengaruh positif dan signifikan, luas lahan berpengaruh positif dan signifikan dan biaya usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani padi sawah di Jorong Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

 

KataKunci: Pendapatan, Harga Jual, Luas Lahan, Biaya Usaha

Published

2014-03-13