DIGITAL FINANCIAL INNOVATION DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN: PERAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI MEDIASI
Keywords:
Digital Financial Innovation, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja KeuanganAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh digital financial innovation dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja keuangan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling pada 185 UKM di Sumatera Barat, dengan metode survei sebagai cara pengumpulan data. Kuesioner didistribusikan dengan kunjungan langsung ke lokasi UKM dan menggunakan Google Form untuk daerah yang sulit dijangkau. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan program Smart-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa digital financial innovation dan orientasi kewirausahaan mempengaruhi keunggulan bersaing dan kinerja keuangan secara signifikan, dengan keunggulan bersaing sebagai mediasi.References
Abdullahi, U., Usman Kunya, S., Umar Raji, A., &
Emmanuel Dsazu, W. (2023). Influence of
Entrepreneurship Orientation on Financial
Performance of Construction SMEs in Nigeria.
Journal of Sustainable Cities and Built
Environment, 01(02).
https://doi.org/10.58757/jscbe.ieofpcsn.02
El Chaarani, H., Vrontis, P. D., El Nemar, S., & El
Abiad, Z. (2022). The impact of strategic
competitive innovation on the financial
performance of SMEs during COVID-19
pandemic period. Competitiveness Review: An
International Business Journal, 32(3), 282–301.
https://doi.org/10.1108/CR-02-2021-0024
Frimpong, S. E., Agyapong, G., & Agyapong, D.
(2022). Financial literacy, access to digital
finance and performance of SMEs: Evidence
From Central region of Ghana. Cogent
Economics and Finance, 10(1).
https://doi.org/10.1080/23322039.2022.2121356
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik,
aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk
penelitian empiris. BP Undip. Semarang, 290.
Giantari, I. G. A. K., Yasa, N. N. K., Suprasto, H. B.,
& Rahmayanti, P. L. D. (2022). The role of
digital marketing in mediating the effect of the
COVID-19 pandemic and the intensity of
competition on business performance.
International Journal of Data and Network
Science, 6(1), 217–232.