PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DENGAN SOCIAL CAPITAL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Keywords:
literasi keuangan, inklusi keuangan, social capital, financial technologyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh literasi keuangan terhadap inklusi keuangan dengan social capital dan financial technology sebagai variabel mediasi studi kasus pada UKM Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 150 UKM yang berada di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Kuesioner disebar dengan mengunjungi UKM ke tempat usahanya secara langsung dan dengan menggunakan google formulir untuk daerah yang tidak terjangkau oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis), untuk menganalisis data menggunakan program Smart-PLS 3. Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi keuangan, social capital dan financial technology berpengaruh terhadap inklusi keuangan, literasi keuangan berpengaruh terhadap social capital dan variabel literasi keuangan yang dimediasi social capital berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Sedangkan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terdahap financial technology dan literasi keuangan yang dimediasi financial technology tidak berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi keuangan, social capital, dan financial technology terhadap inklusi keuangan UKM. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi yang efektif dalam meningkatkan inklusi keuangan UKM melalui penguatan literasi keuangan, social capital, dan financial technology.References
Moh. A. Setiawan, U. Salim, and N. Khusniyah,
“The Moderating Role Of Social Capital In The
Relationship Between Financial Literacy And
Financial Inclusion,†Jurnal Implikasi
Manajemen, vol. 19, no. 4, pp. 782–790, Dec.
, doi: 10.21776/ub.jam.2021.019.04.07.
X. Chao, G. Kou, Y. Peng, and E. H. Viedma,
“Large-scale group decision-making with noncooperative behaviors and heterogeneous
preferences: An application in financial
inclusion,†Eur J Oper Res, vol. 288, no. 1, pp.
–293, Jan. 2021, doi:
1016/j.ejor.2020.05.047.
Otoritas Jasa Keuangan, “Hasil Survei Nasional
Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022,â€
H. Sun, D. C. Y. Yuen, J. Zhang, and X. Zhang,
“Is knowledge powerful? Evidence from
financial education and earnings quality,†Res
Int Bus Finance, vol. 52, Apr. 2020, doi:
1016/j.ribaf.2019.101179.
G. Maturana and J. Nickerson, “Teachers
Teaching Teachers: The Role of Workplace
Peer Effects in Financial Decisions,†2019, doi:
1093/rfs/hhy136/5262236.
J. Berry, D. Karlan, and M. Pradhan, “The
Impact of Financial Education for Youth in
Ghana,†World Dev, vol. 102, pp. 71–89, Feb.
, doi: 10.1016/j.worlddev.2017.09.011.
M. N. Hendra, “Bulan Inklusi Keuangan 2023
di Sumbar, Ini Harapan Gubernur Mahyeldi ,â€
Bisnis.com.
G. O. C. Bongomin, J. M. Ntayi, J. C. Munene,
and C. A. Malinga, “Institutions and Financial
Inclusion in Rural Uganda: the Mediating Role
of Social Capital,†Journal of African Business,
vol. 19, no. 2, pp. 244–261, Apr. 2018, doi:
1080/15228916.2018.1425961.
S. Goswami, R. B. Sharma, and V. Chouhan,
“Impact of Financial Technology (Fintech) on
Financial Inclusion(FI) in Rural India,â€
Universal Journal of Accounting and Finance,
vol. 10, no. 2, pp. 483–497, Mar. 2022, doi:
13189/ujaf.2022.100213.
P. D. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis.
Alfabeta, 2018.