PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DENGAN SOCIAL CAPITAL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Tri Winanta Universitas Bung Hatta
  • Fivi Anggraini Universitas Bung Hatta

Keywords:

literasi keuangan, inklusi keuangan, social capital, financial technology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh literasi keuangan terhadap inklusi keuangan dengan social capital dan financial technology sebagai variabel mediasi studi kasus pada UKM Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 150 UKM yang berada di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Kuesioner disebar dengan mengunjungi UKM ke tempat usahanya secara langsung dan dengan menggunakan google formulir untuk daerah yang tidak terjangkau oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis), untuk menganalisis data menggunakan program Smart-PLS 3. Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi keuangan, social capital dan financial technology berpengaruh terhadap inklusi keuangan, literasi keuangan berpengaruh terhadap social capital dan variabel literasi keuangan yang dimediasi social capital berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Sedangkan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terdahap financial technology dan literasi keuangan yang dimediasi financial technology tidak berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi keuangan, social capital, dan financial technology terhadap inklusi keuangan UKM. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi yang efektif dalam meningkatkan inklusi keuangan UKM melalui penguatan literasi keuangan, social capital, dan financial technology.

References

Moh. A. Setiawan, U. Salim, and N. Khusniyah,

“The Moderating Role Of Social Capital In The

Relationship Between Financial Literacy And

Financial Inclusion,†Jurnal Implikasi

Manajemen, vol. 19, no. 4, pp. 782–790, Dec.

, doi: 10.21776/ub.jam.2021.019.04.07.

X. Chao, G. Kou, Y. Peng, and E. H. Viedma,

“Large-scale group decision-making with noncooperative behaviors and heterogeneous

preferences: An application in financial

inclusion,†Eur J Oper Res, vol. 288, no. 1, pp.

–293, Jan. 2021, doi:

1016/j.ejor.2020.05.047.

Otoritas Jasa Keuangan, “Hasil Survei Nasional

Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022,â€

H. Sun, D. C. Y. Yuen, J. Zhang, and X. Zhang,

“Is knowledge powerful? Evidence from

financial education and earnings quality,†Res

Int Bus Finance, vol. 52, Apr. 2020, doi:

1016/j.ribaf.2019.101179.

G. Maturana and J. Nickerson, “Teachers

Teaching Teachers: The Role of Workplace

Peer Effects in Financial Decisions,†2019, doi:

1093/rfs/hhy136/5262236.

J. Berry, D. Karlan, and M. Pradhan, “The

Impact of Financial Education for Youth in

Ghana,†World Dev, vol. 102, pp. 71–89, Feb.

, doi: 10.1016/j.worlddev.2017.09.011.

M. N. Hendra, “Bulan Inklusi Keuangan 2023

di Sumbar, Ini Harapan Gubernur Mahyeldi ,â€

Bisnis.com.

G. O. C. Bongomin, J. M. Ntayi, J. C. Munene,

and C. A. Malinga, “Institutions and Financial

Inclusion in Rural Uganda: the Mediating Role

of Social Capital,†Journal of African Business,

vol. 19, no. 2, pp. 244–261, Apr. 2018, doi:

1080/15228916.2018.1425961.

S. Goswami, R. B. Sharma, and V. Chouhan,

“Impact of Financial Technology (Fintech) on

Financial Inclusion(FI) in Rural India,â€

Universal Journal of Accounting and Finance,

vol. 10, no. 2, pp. 483–497, Mar. 2022, doi:

13189/ujaf.2022.100213.

P. D. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis.

Alfabeta, 2018.

Downloads

Published

2024-08-22