PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, TEKNOLOGI INFORMASI AKUNTANSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN UMKM
Keywords:
Pendapatan UMKM, Financial Technology, Teknologi Informasi Akuntansi, Media SosialAbstract
Kemajuan teknologi memudahkan UMKM untuk mengelola keuangan dengan efisien dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial technology, teknologi informasi akuntansi dan media sosial terhadap pendapatan UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kota Bukittinggi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pemilik UMKM. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menemukan bahwa financial technology, teknologi informasi akuntansi dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penggunaan financial technology, teknologi informasi dan media sosial maka pendapatan UMKM di Kota Bukittinggi akan semakin baik juga.References
R. V. Savitri and Saifudin, “Pencatatan
Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (Studi Pada UMKM Mr. Pelangi
Semarang),†Jurnal Manajemen Bisnis dan
Inovasi, vol. 5, no. 2, pp. 117–125, 2018,
[Online]. Available: www.depkop.go.id
BPS Provinsi Sumatera Barat, “Potensi Usaha
Mikro Kecil Provinsi Sumatera Barat.â€
R. Hadi, “Rencana Pembangunan Jangka
Menengah Daerah Tahun 2021-2026,†RPJMD
BUKIT TINGGI.
Gusnia Redaksi, “Dampak Ekonomi Pelaku
UMKM,†Lintas Tiga.
K. Hasiah, A. Zakariah, and Novita,
“Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) di Era Bisnis Digital,†Journal of
Islamic Economics and Finance, vol. 2, no. 1,
pp. 23–34, 2024, doi:
59841/jureksi.v2i1.676.
B. A. Harahap, B. P. Idham, A. Kusuma, and R.
N. Rakhman, “Perkembangan Financial
Technology Terkait Central Bank Digital
Currency (CBDC) Terhadap Transmisi
Kebijakan Moneter dan Makroekonomi,†2017.
L. Puspitawati and S. D. Anggadini, Sistem
Informasi Akuntansi, Pertama. Jakarta: Graha
Ilmu, 2011.
B. K. Lewis, “Media and Strategic
Communication: Attitudes and Perceptions
Among College Students,†Public Relations
Journal, vol. 4, no. 3, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan
Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro, 2018