PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, TEKNOLOGI INFORMASI AKUNTANSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN UMKM

Authors

  • Muhammad Rayyan Alghifari Universitas Bung Hatta
  • Neva Novianti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pendapatan UMKM, Financial Technology, Teknologi Informasi Akuntansi, Media Sosial

Abstract

Kemajuan teknologi memudahkan UMKM untuk mengelola keuangan dengan efisien dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial technology, teknologi informasi akuntansi dan media sosial terhadap pendapatan UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kota Bukittinggi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pemilik UMKM. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menemukan bahwa financial technology, teknologi informasi akuntansi dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penggunaan financial technology, teknologi informasi dan media sosial maka pendapatan UMKM di Kota Bukittinggi akan semakin baik juga.

References

R. V. Savitri and Saifudin, “Pencatatan

Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan

Menengah (Studi Pada UMKM Mr. Pelangi

Semarang),†Jurnal Manajemen Bisnis dan

Inovasi, vol. 5, no. 2, pp. 117–125, 2018,

[Online]. Available: www.depkop.go.id

BPS Provinsi Sumatera Barat, “Potensi Usaha

Mikro Kecil Provinsi Sumatera Barat.â€

R. Hadi, “Rencana Pembangunan Jangka

Menengah Daerah Tahun 2021-2026,†RPJMD

BUKIT TINGGI.

Gusnia Redaksi, “Dampak Ekonomi Pelaku

UMKM,†Lintas Tiga.

K. Hasiah, A. Zakariah, and Novita,

“Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

(UMKM) di Era Bisnis Digital,†Journal of

Islamic Economics and Finance, vol. 2, no. 1,

pp. 23–34, 2024, doi:

59841/jureksi.v2i1.676.

B. A. Harahap, B. P. Idham, A. Kusuma, and R.

N. Rakhman, “Perkembangan Financial

Technology Terkait Central Bank Digital

Currency (CBDC) Terhadap Transmisi

Kebijakan Moneter dan Makroekonomi,†2017.

L. Puspitawati and S. D. Anggadini, Sistem

Informasi Akuntansi, Pertama. Jakarta: Graha

Ilmu, 2011.

B. K. Lewis, “Media and Strategic

Communication: Attitudes and Perceptions

Among College Students,†Public Relations

Journal, vol. 4, no. 3, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan

Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro, 2018

Downloads

Published

2024-08-23