PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA BANK BRI MOBILE BANKING (Studi Kasus Nasabah BRI Bagindo Aziz Chan)
Keywords:
E-Service Quality, dan E-Trust, Kepuasan Nasabah, Smart-PLSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa Pengaruh E-Service Quality dan E- Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Studi empiris dilakukan untuk menganalisis Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang secara langsung didapatkan dari nasabah bank BRI yang menggunakan Mobile Banking. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E- Service Quality dan E-Trust berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile BankingReferences
Asnaniyah, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality , E-Trust dan E- Satisfaction terhadap E￾Loyality Konsumen Muslim. I, 275–302.
Dyah Ayu Fitriana, Mochamad Edris, & Sunarno. (2023). The Effect of E-Trust and E￾Recovery on Loyalty through Consumer Satisfaction of Shopee Users in Pati Regency.
Journal of Finance and Business Digital, 2(3), 273–284.
https://doi.org/10.55927/jfbd.v2i3.5959
Page | 7
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Firdha, S., Putri, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap
kepuasan konsumen. Forum Ekonomi, 23(3), 463–474.
Mubarok, A., & Kurriwati, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap ESatisfaction Pada Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banki¬ng Bank Tabungan
Negara Bangkalan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1), 91–97.
https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.11336
Mulyaningsih, L. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra
Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Ocbc Nisp Di Denpasar. E Jurnal
Manajemen Unud, 5(1), 1–30.
Muthohar, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan
Berbelanja Online terhadap Minat Membeli Kembali Konsumen ( Studi pada Pengguna
Shopee di Indonesia ). 05(04), 13634–13646.
Nawangasari, S., & Putri, N. D. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap
Kepuasan Nasabah Pengguna Bni Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai
Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 55–63.
https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i1.839
Soliha, I. S. (2021). Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty
Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Dengan Kepuasan
Nasabah Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSU Tahun
). 1(4).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian. Bandung: CV AFABETA
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Afabeta.
Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas
Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus
Pada Rifa Kuliner Kendal ). 7(3), 25–38.
Wulandari, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–18.