PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA BANK BRI MOBILE BANKING (Studi Kasus Nasabah BRI Bagindo Aziz Chan)

Authors

  • Rizki Ponegoro Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

E-Service Quality, dan E-Trust, Kepuasan Nasabah, Smart-PLS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa Pengaruh E-Service Quality dan E- Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Studi empiris dilakukan untuk menganalisis Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang secara langsung didapatkan dari nasabah bank BRI yang menggunakan Mobile Banking. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E- Service Quality dan E-Trust berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking

References

Asnaniyah, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality , E-Trust dan E- Satisfaction terhadap E￾Loyality Konsumen Muslim. I, 275–302.

Dyah Ayu Fitriana, Mochamad Edris, & Sunarno. (2023). The Effect of E-Trust and E￾Recovery on Loyalty through Consumer Satisfaction of Shopee Users in Pati Regency.

Journal of Finance and Business Digital, 2(3), 273–284.

https://doi.org/10.55927/jfbd.v2i3.5959

Page | 7

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Firdha, S., Putri, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap

kepuasan konsumen. Forum Ekonomi, 23(3), 463–474.

Mubarok, A., & Kurriwati, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap ESatisfaction Pada Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banki¬ng Bank Tabungan

Negara Bangkalan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1), 91–97.

https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.11336

Mulyaningsih, L. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra

Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Ocbc Nisp Di Denpasar. E Jurnal

Manajemen Unud, 5(1), 1–30.

Muthohar, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan

Berbelanja Online terhadap Minat Membeli Kembali Konsumen ( Studi pada Pengguna

Shopee di Indonesia ). 05(04), 13634–13646.

Nawangasari, S., & Putri, N. D. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap

Kepuasan Nasabah Pengguna Bni Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai

Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 55–63.

https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i1.839

Soliha, I. S. (2021). Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty

Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Dengan Kepuasan

Nasabah Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSU Tahun

). 1(4).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian. Bandung: CV AFABETA

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Afabeta.

Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas

Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus

Pada Rifa Kuliner Kendal ). 7(3), 25–38.

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–18.

Downloads

Published

2025-03-24