PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pembelian Produk Outdoor Rei di Kota Padang)
Keywords:
persepsi Kualitas, harga, citra merk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh citra merek pada produk outdoor Rei di Kota Padang. Sampel awal sebanyak 83 responden yang pernah membeli produk outdoor Rei di Kota Padang.Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan kuesioner. Data di analisis dengan Smart PLS versi 3.0 dengan hasil penelitian: persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, serta harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.Pengujian variabel intervening menunjukan bahwa variabel citra merek dapat mempengaruhi pengaruh tidak langsung antara persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh tidak langsung antara harga terhadap keputusan pembelian.References
Agero, A., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image pada Pengaruh Celebrity
Endorsement terhadap Purchase Intention Produk Skin Care Nature Republic. Jurnal
Manajemen Pemasaran, 17(1), 24-30.
Alessandro, L. C., Japarianto, E., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image pada
Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention Produk Skin Care
Nature Republic. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 24-30.
Ayu Nirmala, I., & Sri Rahayu, Y. (2022). Pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap
Keputusan Menjadi Nasabah dengan Minat sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Tabarru’:
Islamic Banking and Finance, 5(2), 326–337.
Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan
Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan
Keuangan, 6(1).
Andhita, A., & Wahyudi, A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Citra Merek Persepsi Harga
Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan
Sebagai Variabel Mediasi. Kalbisocio, 4(1), 1-15.
Azhar Susanto. (2004). Sistem Informasi Konsep Manajemen dan Pengembangan. Lingga
Jaya. Bandung.
Basu, S., Swastha, & Irawan, Y. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,
Yogyakarta.
Bilson, S., & Simamora, F. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif &
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian
Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal
Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.
Meiliani, N., Ferdinand, T., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain
Produk, Daya Tarik Promosi, dan Persepsi Kualitas terhadap Citra Merek serta
Dampaknya terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi pada Calon Konsumen Honda
Beat Pop di Dealer Nusantara Sakti Purwokerto). Diponegoro Journal of Management,
, 1-11.
Musrifah, M., Murwatiningsih, M. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi
Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing.
Management Analysis Journal. 6(4).