PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pembelian Produk Outdoor Rei di Kota Padang)

Authors

  • Fajri Novrian Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

persepsi Kualitas, harga, citra merk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh citra merek pada produk outdoor Rei di Kota Padang. Sampel awal sebanyak 83 responden yang pernah membeli produk outdoor Rei di Kota Padang.Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan kuesioner. Data di analisis dengan Smart PLS versi 3.0 dengan hasil penelitian: persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, serta harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.Pengujian variabel intervening menunjukan bahwa variabel citra merek dapat mempengaruhi pengaruh tidak langsung antara persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh tidak langsung antara harga terhadap keputusan pembelian.

References

Agero, A., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image pada Pengaruh Celebrity

Endorsement terhadap Purchase Intention Produk Skin Care Nature Republic. Jurnal

Manajemen Pemasaran, 17(1), 24-30.

Alessandro, L. C., Japarianto, E., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image pada

Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention Produk Skin Care

Nature Republic. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 24-30.

Ayu Nirmala, I., & Sri Rahayu, Y. (2022). Pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap

Keputusan Menjadi Nasabah dengan Minat sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Tabarru’:

Islamic Banking and Finance, 5(2), 326–337.

Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan

Keuangan, 6(1).

Andhita, A., & Wahyudi, A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Citra Merek Persepsi Harga

Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan

Sebagai Variabel Mediasi. Kalbisocio, 4(1), 1-15.

Azhar Susanto. (2004). Sistem Informasi Konsep Manajemen dan Pengembangan. Lingga

Jaya. Bandung.

Basu, S., Swastha, & Irawan, Y. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,

Yogyakarta.

Bilson, S., & Simamora, F. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif &

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian

Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal

Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Meiliani, N., Ferdinand, T., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain

Produk, Daya Tarik Promosi, dan Persepsi Kualitas terhadap Citra Merek serta

Dampaknya terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi pada Calon Konsumen Honda

Beat Pop di Dealer Nusantara Sakti Purwokerto). Diponegoro Journal of Management,

, 1-11.

Musrifah, M., Murwatiningsih, M. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi

Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing.

Management Analysis Journal. 6(4).

Downloads

Published

2025-03-24