PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXIM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang)
Keywords:
Kepuasan pelanggan, harga, promosi, kualitas pelayananAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan Maxim untuk menunjukkan dan menguji bagaimana Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh harga, iklan, dan kualitas layanan. Pada riset ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa di Universitas Bung Hatta Padang dipilih melalui penggunaan purposive sampling. Informasi dan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini diperoleh melalui survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner langsung ke sampel target yang dipilih. Regresi linier berganda dan pengujian statistik-t adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menunjukkan kebenaran hipotesis. Perangkat lunak SPSS digunakan untuk pemrosesan data. Menurut temuan pengujian hipotesis, ditemukan Kepuasan pelanggan terhadap Maxim dipengaruhi secara positif oleh harga dan kualitas layanan, tetapi promosi tidak pengaruh kepuasan pelanggan di Kota Padang terhadap kepuasan pelanggan Maxim.References
Delima, A., Ashary, H. M., & Usman, O. (2019). Influence of Service Quality,
Product Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Consumer Satisfaction
Affecting on Consumer Loyalty (Online Shop). SSRN Electronic Journal, 1–
https://doi.org/10.2139/ssrn.3308707
Wulandari, S., Rakmawati, S., & Budiasih. (2020). Pengaruh kualitas layanan,
promosi, harga, dan citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan
pada jasa transportasi ojek on-line di Tangerang. UG Journal, 14(3), 2013–
Mardjani, B. D., Lapian, S. J., & Mangantar, 2023). Pengaruh Harga, Promosi
Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Transportasi
Online (Studi Kasus Gojek Dan Maxim di Kota Manado). Jurnal EMBA:
Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3(1),
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php
/emba/article/view/46658%0Ahttps://ejo urnal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/arti cle/download/46658/41864
Bougie, R.
J., dan Sekaran, U. (2016).Teknik Riset Bisnis:
KemampuanBuilding Approach Seventh Edition. John Wiley & Sons
Ltd.Kesuma Dewi, S., dan Setiawan, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Kota Bandung. Jurnal Ilmu
Manajemen, 4(1), 57.https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/in dex
Sugiyono (2016). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D pada Metode
Penelitian Pendidikan (edisi ke-2). Alfabeta.
Malki, D., Bellahcene, M., Latreche, H., Terbeche, M., & Chroqui, R. (2023).
How social CRM and customer satisfaction affect customer
loyalty. Spanish Journal
of Marketing
- ESIC.
https://doi.org/10.1108/SJME-09-2022- 0202
Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi,
Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan jasa Ojek Online “OM-
JEK†Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 137–156.
Albari, & Safitri, I. (2023). The Influence of Product Quality and Price on
Purchasing Decisions. Journal of Management Research and Studies, 1(1),86–
https://doi.org/10.61665/jmrs.v1i1.29
Brady, M., Victor Goodman, M. R., Hansen, T., Kotler, P., dan Keller, K. L.
(2019). Edisi keempat Manajemen Pemasaran di Eropa. Dalam Surface Mount
Technology & Soldering (Vol. 13, Edisi 3).
M. Rifa'i (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Produk di Sektor Industri
Kreatif melalui Inovasi dan Fokus Pasar. XX(1), 1194–1206, EKBIS.
Lovelock, C., dan J. Wirtz (2011). Strategi, Teknologi, dan Orang dalam
Pemasaran Jasa. Orang, Teknologi, Strategi dalam Pemasaran Jasa (Edisi
Ketujuh, Edisi Januari).Prentice-Hall. https://www.researchgate.net/publicatio
n/263523474
Parasuraman, S., Yamin, S., & Veronica, M,G. (1996). Work and Family
Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan jasa Ojek Online “OM-JEKâ€
Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 137–156.
ixDurianto, D. S. & T. S. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas
dan Perilaku Merek (V). Gramedia Pustaka.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25.
Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Parasuraman, S., Yamin, S., & Veronica, M,G. (1996). Work and Family
Variables, Entrepreneurial Career Success , and Psychological Well-Being.
Journal
of
Vocational
Behavior,300(48), Durianto, D. S. & T. S. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas
dan Perilaku Merek (V). Gramedia Pustaka.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25.
Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
–
http://www.sciencedirect.com/scienc
Rianto, M. R., Setyawati, N. W., Rohaeni, H., & Woelandari, D. S. (2022).
Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider
Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah
Ekonomi Islam, 8(2), 2159–2166.
Man, C. K., Ahmad, R., Kiong, T. P., & Rashid, T. A. (2019). Evaluation of
service quality dimensions towards customer’s satisfaction of ride-hailing
services in Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Recent
Technology and Engineering, 7(5), 102–109.
Albari, & Safitri, I. (2023). The Influence of Product Quality and Price on
Purchasing Decisions. Journal of Management Research and Studies, 1(1), 86–
https://doi.org/10.61665/jmrs.v1i1.29
Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi,