PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXIM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang)

Authors

  • Yoga Saputra Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepuasan pelanggan, harga, promosi, kualitas pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan Maxim untuk menunjukkan dan menguji bagaimana Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh harga, iklan, dan kualitas layanan. Pada riset ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa di Universitas Bung Hatta Padang dipilih melalui penggunaan purposive sampling. Informasi dan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini diperoleh melalui survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner langsung ke sampel target yang dipilih. Regresi linier berganda dan pengujian statistik-t adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menunjukkan kebenaran hipotesis. Perangkat lunak SPSS digunakan untuk pemrosesan data. Menurut temuan pengujian hipotesis, ditemukan Kepuasan pelanggan terhadap Maxim dipengaruhi secara positif oleh harga dan kualitas layanan, tetapi promosi tidak pengaruh kepuasan pelanggan di Kota Padang terhadap kepuasan pelanggan Maxim.

References

Delima, A., Ashary, H. M., & Usman, O. (2019). Influence of Service Quality,

Product Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Consumer Satisfaction

Affecting on Consumer Loyalty (Online Shop). SSRN Electronic Journal, 1–

https://doi.org/10.2139/ssrn.3308707

Wulandari, S., Rakmawati, S., & Budiasih. (2020). Pengaruh kualitas layanan,

promosi, harga, dan citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan

pada jasa transportasi ojek on-line di Tangerang. UG Journal, 14(3), 2013–

Mardjani, B. D., Lapian, S. J., & Mangantar, 2023). Pengaruh Harga, Promosi

Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Transportasi

Online (Studi Kasus Gojek Dan Maxim di Kota Manado). Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3(1),

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php

/emba/article/view/46658%0Ahttps://ejo urnal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/arti cle/download/46658/41864

Bougie, R.

J., dan Sekaran, U. (2016).Teknik Riset Bisnis:

KemampuanBuilding Approach Seventh Edition. John Wiley & Sons

Ltd.Kesuma Dewi, S., dan Setiawan, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Kota Bandung. Jurnal Ilmu

Manajemen, 4(1), 57.https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/in dex

Sugiyono (2016). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D pada Metode

Penelitian Pendidikan (edisi ke-2). Alfabeta.

Malki, D., Bellahcene, M., Latreche, H., Terbeche, M., & Chroqui, R. (2023).

How social CRM and customer satisfaction affect customer

loyalty. Spanish Journal

of Marketing

- ESIC.

https://doi.org/10.1108/SJME-09-2022- 0202

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi,

Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan jasa Ojek Online “OM-

JEK†Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 137–156.

Albari, & Safitri, I. (2023). The Influence of Product Quality and Price on

Purchasing Decisions. Journal of Management Research and Studies, 1(1),86–

https://doi.org/10.61665/jmrs.v1i1.29

Brady, M., Victor Goodman, M. R., Hansen, T., Kotler, P., dan Keller, K. L.

(2019). Edisi keempat Manajemen Pemasaran di Eropa. Dalam Surface Mount

Technology & Soldering (Vol. 13, Edisi 3).

M. Rifa'i (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Produk di Sektor Industri

Kreatif melalui Inovasi dan Fokus Pasar. XX(1), 1194–1206, EKBIS.

Lovelock, C., dan J. Wirtz (2011). Strategi, Teknologi, dan Orang dalam

Pemasaran Jasa. Orang, Teknologi, Strategi dalam Pemasaran Jasa (Edisi

Ketujuh, Edisi Januari).Prentice-Hall. https://www.researchgate.net/publicatio

n/263523474

Parasuraman, S., Yamin, S., & Veronica, M,G. (1996). Work and Family

Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan jasa Ojek Online “OM-JEKâ€

Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 137–156.

ixDurianto, D. S. & T. S. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas

dan Perilaku Merek (V). Gramedia Pustaka.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25.

Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Parasuraman, S., Yamin, S., & Veronica, M,G. (1996). Work and Family

Variables, Entrepreneurial Career Success , and Psychological Well-Being.

Journal

of

Vocational

Behavior,300(48), Durianto, D. S. & T. S. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas

dan Perilaku Merek (V). Gramedia Pustaka.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25.

Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

–

http://www.sciencedirect.com/scienc

Rianto, M. R., Setyawati, N. W., Rohaeni, H., & Woelandari, D. S. (2022).

Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider

Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah

Ekonomi Islam, 8(2), 2159–2166.

Man, C. K., Ahmad, R., Kiong, T. P., & Rashid, T. A. (2019). Evaluation of

service quality dimensions towards customer’s satisfaction of ride-hailing

services in Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Recent

Technology and Engineering, 7(5), 102–109.

Albari, & Safitri, I. (2023). The Influence of Product Quality and Price on

Purchasing Decisions. Journal of Management Research and Studies, 1(1), 86–

https://doi.org/10.61665/jmrs.v1i1.29

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi,

Downloads

Published

2025-03-24