PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA PADANG
Keywords:
Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan layanan Tokopedia di Kota Padang. Pada riset ini terpilih sebanyak 96 orang responden, metode atau teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana responden yang terpilih telah memiliki pengalaman berbelanja melalui layanan Tokopedia minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Sesuai dengan pengolahan data yang telah dilakukan ditemukan citra merek dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan di Kota Padang untuk menggunakan layanan Tokopedia dalam berbelanja online. Temuan tersebut mengisyaratkan semakin tinggi citra merek dan kepercayaan merek yang terbentuk dalam diri pelanggan akan semakin meningkatkan loyalitas mereka untuk terus berbelanja online melalui layanan Tokopedia.References
Ashary, H. M., Delima, A., dan Usman, O. (2019). Dampak Harga, Citra Merek, Promosi,
Kualitas Layanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
(Toko Online). Jurnal Elektronik SSRN, 1–15. https://doi.org/10.2139/ssrn.3308707
Xu, Y., dan J. Lu (2015). Perspektif kesesuaian diri terhadap loyalitas merek konsumen
muda Tiongkok terhadap produk olahraga. 24(4), 365–376; JurnalmManajemen
Produk dan Merek. 10.1108/JPBM-05-2014-0593 https://doi.org
Marso, M., dan Rahmat, R. (2020). Penelitian terhadap mahasiswa Taraka
yang
menggunakan
smartphone mengkaji hubungan antara pengalaman merek,
citra merek, kepuasan merek, dan loyalitas merek dari sudut pandang model
loyalitas empat tahap. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 17–24.
9744/pemasaran.14.1.17-24 https://doi.org
Sari, N. E., & T. Oswari (2020). Dampak keamanan, kepercayaan, dan kemudahan
terhadap kepuasan konsumen yang diukur dari pembelian yang dilakukan di toko
online Tokopedia. Jurnal Manajemen Riset Kreatif, 3(2), 34. Crmj.v3i2.1550
Bougie, R., dan Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Four.
Bougie, R. J., dan Sekaran, U. (2016). Edisi ketujuh Metode Penelitian untuk Bisnis:
Pendekatan Membangun Keterampilan. Wiley, John & Sons, Ltd.
Tiara Kusumawati dan Sri Mulianingsih (2024). Loyalitas merek terhadap produk air
minum dalam kemasan Cleo dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan, citra merek, dan
kepercayaan merek. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 1–8.v3i1.1199
https://doi.org/10.56127/jekma
Sudibyo, K. D. P., & Pamikatsih, T. R. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepuasan
Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek J&T Express. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 8(1), 43. https://doi.org/10.29103/j- mind.v8i1.10838
Sugiyono (2019). Sutopo (ed.), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, edisi
ke-2. Alfabeta Publishing.
Suliyanto (2013). Biaya peralihan sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara
kepuasan pelanggan dan nilai serta loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis,
(1), 11–18.
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Kajian tentang pengaruh kepuasan merek,
kepercayaan merek, dan pengalaman merek terhadap loyalitas merek. Maneggio:
Jurnal
Ilmiah
Magister
Manajemen,
(1),
–41.
http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/ar ticle/view/3194
Ian N. Suryawan, R. R. M., dan Yohana F. C. P. Meilani, I. B. M. P. B. (2020).
Loyalitas merek dipengaruhi oleh kesadaran merek, citra merek, dan kepercayaan
merek. Jurnal Manajemen, 24(3),412.https://doi.org/10.24912/jm.v 24i3.676