Pengaruh Harga dan Promosi Shopee Food Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Food Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang

Authors

  • Randa Arya Prasetia Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, penelitian ini meneliti bagaimana harga dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen mahasiswa ShopeeFood di Universitas Bung Hatta Padang. Ukuran sampel penelitian ini terdiri dari 138 responden, yang mewakili seluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data, dan SPSS V21 digunakan untuk pengolahan data. Menurut temuan penelitian, mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang agak terpengaruh secara positif dan signifikan oleh harga dan promosi saat melakukan pembelian di ShopeeFood

References

Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Smartphone Samsung Di

Makassar. 3, 18–32

Avicenna, A. S., Supeni, R. E., & Hafidzi, A. H. (2022). Promosi, Harga, dan Kualitas

Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. BUDGETING: Journal of

Business, Management and Accounting, 3(2), 249-260.

Dedy, Asep, Ade Mubarok, and Dhea Elita Futri. "Pengaruh Harga Promosi Dan

Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Grab-Food Di

Bandung." Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa 4.1 (2022): 36-43.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara. Jakarta.

GRAB, L., & EDWARD, M. C. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan

Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian

Hilda, N. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Penilaian Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Iain Purwokerto) (Doctoral

Dissertation, IAIN Purwokerto).

Khafidin, K. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan

Pembelian. Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan

Pembelian.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga

Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Nabilaturrahmah, A., Wiranata, I. A., & Ivona, L. (2021). Pengaruh harga dan promosi

grabfood terhadap keputusan pembelian kfc grand wisata di masa pandemi.

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Page | 13

JURNAL MANAJEMEN, 13(1), 72-80.

Naninsih, N., Maupa, H., Brasit, N., & Jusni. (2017). The Effects Of Business

Environment, Market Orientation, Strategy, And Product Innovation On

Business Performance In The Real Estate In Makassar City Nur Naninsih.

Scientific Research Journal (SCIRJ), V(X), 51.

Nasrullah, M. F., & Ariyani, E. (2021). Analisis Pengaruh Jenis Pemberian Voucher

Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Food Di Kota Surabaya

Menggunakan Regresi Linier Berganda. Juminten, 2(6), 156-167.

Sekaran,Uma. 2017. Research Methods for Business, A Skill-Building Approach,

Fourth Edition. Southern Illinois University at Carbondale.

Https://Www.Krjogja.Com/Peristiwa/Nasional/Hasil-Riset-SnapcartGrabfood-AplikasiPaling-Populer-Industri-E-Delivery

Suyono. 2018. Analisis Regresi untuk Penelitian, Yogyakarta

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Promosi Dan

Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia

Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35-43.

Vania, I., & Simbolon, R. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli

Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Ekonomis, 14(2b).

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan

Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota

Solo. EXCELLENT, 8(1), 70-78.

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan

Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee.

Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212-223

Downloads

Published

2025-03-24