PENGARUH GAYA HIDUP, EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO DI KOTA PADANG

Authors

  • Delia Rizki Wulandari Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

gaya hidup, ekuitas merek, harga dan keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di Kota Padang . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk smartphone Vivo di Kota Padang dengan jumlah sampel 80 orang. Pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan simple purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa gaya hidup, ekuitas merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di kota Padang.

References

Adi Suarsana, I. P. R., & Sumadi Putra, K. E. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek

Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo di Kecamatan Buleleng. Prospek: Jurnal

Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 149–155. https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59183

Fatima, N., & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Endorsment Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan

Pembelian Smartphone Oppo Di Sila. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan,

(3), 1–12. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.520

Firdayanti, Y., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Smartphone Iphone 12 Di Kota Bandung. RELASI : JURNAL EKONOMI, 19(1), 1–

https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.650

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Conceive Impulsive Buyingin Decision Process of

Consumer Purchase. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55.

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone

Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of

Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on

Samsung Smartphone Products on Students of the Fac. Jurnal EMBA, 10(1), 279–288.

Jauhari, T., & Sya’idah, E. H. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek yang Terdiri Dari Loyalitas

Kesadaran Kualitas dan Kesan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen

STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 141. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i1.1495 juli

setiadi, N. (2003). perilaku konsumen. PT. kharisma putra utama.

P a g e | 14

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

P a g e | 15

Kana. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian

Smartphone Vivo di Kota Kupang. IJEM: Indonesian Journal Economy and Management,

(September), 1–9.

Kotler, P & Keller, K. L. (2007). Marketing Manajemen.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2007). Understanding the Marketplace and Consumers. Principles of

Marketing 12e, 140.

Kotler, P., & Keller, kevin lane. (2013). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.);

th ed.). Erlangga.

Kurniawan, moh. zaki. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar. 7(2), 13.

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–

Marlina, L., & Ismunandar, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek ( Brand Equity ) Terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bima). Jurnal

Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 358–362. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.89

Miftahudin, M., Haryanti, I., & Ernawati, S. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Handphone Iphone. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner

Research, 2(3), 312–325. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.188

Nukak, S. R., Soepeno, D., & Loindong, S. S. R. (2024). the Influence of Brand Equity and Service

Quality on the Purchase Decision of Xiaomi Smartphone Products By Feb Unsrat Students.

Jurnal EMBA, 12(01), 185–194.

Putra, Y. P., Ulfiya, D., & Slahanti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Solusi, 21(1), 20.

https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6068

Rahman, S., & Supranto, J. (2019). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan

Pembelian Ponsel Pintar Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis, 7(1), 67–

http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/

/334

Siregar, M. A., & Saragih, N. M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup , Harga , Dan Citra Merek

Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek Iphone ( Studi Kasus Pada Mahasiswa

Universitas Potensi Utama Medan ). Journal of Creative Student Research, 1(1), 392–401.

https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1167/1137

Stats, G. (2024). 209,3 Juta Orang di Indonesia Menggunakan Smartphone pada Tahun 2023.

Syafa Fadhilah Tegar Andalas. https://data.goodstats.id/statistic/2093-juta-orang-di-indonesiamenggunakan-smartphone-pada-tahun-2023-cbha0

Sumarwan, U. (2011). perilaku konsumen (2nd ed.). ghalia indonesia.

Suryani, N. I., & dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya HidupTerhadap

Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di KotaBogor. YUME : Journal of Management,

(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787

Susanto, D. M., & Cahyono, K. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya) Krido Eko

Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan

Riset Manajemen, 10 No. 1, 1–2.

Downloads

Published

2025-03-24