PENGARUH GAYA HIDUP, EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO DI KOTA PADANG
Keywords:
gaya hidup, ekuitas merek, harga dan keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di Kota Padang . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk smartphone Vivo di Kota Padang dengan jumlah sampel 80 orang. Pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan simple purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa gaya hidup, ekuitas merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di kota Padang.References
Adi Suarsana, I. P. R., & Sumadi Putra, K. E. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo di Kecamatan Buleleng. Prospek: Jurnal
Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 149–155. https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59183
Fatima, N., & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Endorsment Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Oppo Di Sila. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan,
(3), 1–12. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.520
Firdayanti, Y., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Iphone 12 Di Kota Bandung. RELASI : JURNAL EKONOMI, 19(1), 1–
https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.650
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Conceive Impulsive Buyingin Decision Process of
Consumer Purchase. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55.
Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone
Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of
Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on
Samsung Smartphone Products on Students of the Fac. Jurnal EMBA, 10(1), 279–288.
Jauhari, T., & Sya’idah, E. H. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek yang Terdiri Dari Loyalitas
Kesadaran Kualitas dan Kesan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen
STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 141. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i1.1495 juli
setiadi, N. (2003). perilaku konsumen. PT. kharisma putra utama.
P a g e | 14
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
P a g e | 15
Kana. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian
Smartphone Vivo di Kota Kupang. IJEM: Indonesian Journal Economy and Management,
(September), 1–9.
Kotler, P & Keller, K. L. (2007). Marketing Manajemen.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2007). Understanding the Marketplace and Consumers. Principles of
Marketing 12e, 140.
Kotler, P., & Keller, kevin lane. (2013). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.);
th ed.). Erlangga.
Kurniawan, moh. zaki. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar. 7(2), 13.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–
Marlina, L., & Ismunandar, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek ( Brand Equity ) Terhadap
Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bima). Jurnal
Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 358–362. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.89
Miftahudin, M., Haryanti, I., & Ernawati, S. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Iphone. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner
Research, 2(3), 312–325. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.188
Nukak, S. R., Soepeno, D., & Loindong, S. S. R. (2024). the Influence of Brand Equity and Service
Quality on the Purchase Decision of Xiaomi Smartphone Products By Feb Unsrat Students.
Jurnal EMBA, 12(01), 185–194.
Putra, Y. P., Ulfiya, D., & Slahanti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Solusi, 21(1), 20.
https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6068
Rahman, S., & Supranto, J. (2019). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan
Pembelian Ponsel Pintar Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis, 7(1), 67–
http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/
/334
Siregar, M. A., & Saragih, N. M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup , Harga , Dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek Iphone ( Studi Kasus Pada Mahasiswa
Universitas Potensi Utama Medan ). Journal of Creative Student Research, 1(1), 392–401.
https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1167/1137
Stats, G. (2024). 209,3 Juta Orang di Indonesia Menggunakan Smartphone pada Tahun 2023.
Syafa Fadhilah Tegar Andalas. https://data.goodstats.id/statistic/2093-juta-orang-di-indonesiamenggunakan-smartphone-pada-tahun-2023-cbha0
Sumarwan, U. (2011). perilaku konsumen (2nd ed.). ghalia indonesia.
Suryani, N. I., & dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya HidupTerhadap
Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di KotaBogor. YUME : Journal of Management,
(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787
Susanto, D. M., & Cahyono, K. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya) Krido Eko
Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan
Riset Manajemen, 10 No. 1, 1–2.