PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Ms Glow Shinta Padang)
Keywords:
harga, kualitas produk, promosi, kepuasan pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu seseorang yang telah melakukan pembelian di Ms Glow Shinta, yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dan SEM PLS. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.References
Adawiyah, R., & Yani, M. (2023). Pengaruh Harga Dan Komunikasi Pemasaran
Terhadap Kepuasan Pelanggan Rotan Mentah Pada Ud. Empat Saudara. 8(2),
–132.
Aprilian, A. A., Z, N., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan
Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Y.O.U (Survey Pada
Pengunjung Counter Produk Skincare Y.O.U Di Toko Ramadhani Kosmetik
Sudiang). 1(1), 81–88.
Ariani, S., & Oetama, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Percetakan M2 Di Sampit. Jurnal Penerapan
Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 156–164.
Aryani, D. N., Hartutik, Yusda, D. D., Diwyarthi, N. D. M. S., & Setianti, Y.
(2023). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Marketplace Shopee. 9(6), 2438–2443.
Dalilah, N., & Prawoto. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kopi Kenangan. Mamen:
Efendi, N., Lubis, T. W. H., & Ginting, S. O. (2023). Pengaruh Citra Merek,
Promosi, Kualitas Pelayan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan
Konsumen. 28(02), 197–215.
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Andrew’s
Disease Of The Skin Clinical Dermatology., 7–16.
Febriyanti, C., Zati, M. R., & Amilia, S. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Dan
Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian
Ulang Produk Kosmetik Hanasui (Studi Kasus Pada Mahasiswi Di Kota
Langsa). 3, 311–316.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate
Data Analysis: A Global Perspective (7th Ed.). New Jersey: Pearson
Education.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (1st Ed., Issue 112).
Unitomo Press.
Lengkey, G. R., Mandey, S. L., & Soepono, D. (2022). Pengaruh Promosi Dan
Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna
Aplikasi Pln Mobile Pelanggan Pt.Pln (Persero) Unit Layanan Pelanggan
Tomohon. 4(5), 62–71.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,
Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar
Telkomsel. Nursing Management (Harrow, London, England : 1994), 6(8),
–17. Https://Doi.Org/10.7748/Nm.6.8.16.S14
Lumintang, G., Areros, W. A., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Harga Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil
Karunia Kiawa. 4(1), 88–100.
Manabung, K. J., Muafa, I. W., & Awotkay, A. S. (2023). Pengaruh Desain Dan
Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Serba
Alumunium. 5(2), 98–109.
Maulidi, A., & Susetyorini. (2024). Pengaruh Saluran Distribusi Langsung Dan
Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Mahsun Jaya Onyx
Bawean Di Desa Kertosono Sidayu Gresik. 17(2), 479–489.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan
Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. 7.
Pulumbara, G. F., Latief, F., & Ilham, B. U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk
Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Jr Tea. Jurnal Manuver,
(1),
–92.
Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/44653%0ahttp://Repository.Unpas.
Ac.Id/44653/4/Bab Ii Fix.Pdf
Realino, D., Gula, V. E., & Jelita, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Mahasiswa Pengguna
Ojek Konvensional). 1(4), 68–81.
Safitri, A. F., Fitria, D., & Burhanudin. (2023). Pengaruh Produk, Tempat Dan
Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Santika Depok Annisa
Febriyanti Safitri Dona Fitria Burhanudin. Journal On Education, 5(2),
–5137. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1251
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen (Wk Nikoemus (Ed.)).
Andi Yogyakarta.
Setiawan, D., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga
Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Kerupuk Rambak Kecamatan
Ketahun Bengkulu Utara. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen
Sains, 4(1), 99–108. Https://Doi.Org/10.36085/Jems.V4i1.4427
Setiawati, E. E., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2023). Pengaruh Harga,
Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen
(Studi Kasus Pada Konsumen Skincare Unilever Di Aster Kosmetik
Malang). 14(2).
Sudiyono, Kurniawati, M., & Mustikowati, R. I. (2018). Manajemen Pemasaran.
Tambah, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Traveloka. 1(1), 1–7.
Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Dalam
Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Cv Multi Pustaka Utama.
Vira, D., Medinal, & Oktalina, G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi
Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,
(02), 148–154. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V2i02.887
Wijayanti, F., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas
Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. 3(4), 465–471.
Https://Doi.Org/10.47065/Jtear.V3i4.725
Wijianti, F., & Budiarti, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Skintific (Studi Kasus
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). 3(2).
Yusda, D. D. (2023). Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Fudia
Bakery Bandar Lampung. 4(1), 48–53.