PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Ms Glow Shinta Padang)

Authors

  • Sherina Muharami Sabri Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

harga, kualitas produk, promosi, kepuasan pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu seseorang yang telah melakukan pembelian di Ms Glow Shinta, yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dan SEM PLS. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Adawiyah, R., & Yani, M. (2023). Pengaruh Harga Dan Komunikasi Pemasaran

Terhadap Kepuasan Pelanggan Rotan Mentah Pada Ud. Empat Saudara. 8(2),

–132.

Aprilian, A. A., Z, N., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan

Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Y.O.U (Survey Pada

Pengunjung Counter Produk Skincare Y.O.U Di Toko Ramadhani Kosmetik

Sudiang). 1(1), 81–88.

Ariani, S., & Oetama, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Percetakan M2 Di Sampit. Jurnal Penerapan

Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 156–164.

Aryani, D. N., Hartutik, Yusda, D. D., Diwyarthi, N. D. M. S., & Setianti, Y.

(2023). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Marketplace Shopee. 9(6), 2438–2443.

Dalilah, N., & Prawoto. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kopi Kenangan. Mamen:

Efendi, N., Lubis, T. W. H., & Ginting, S. O. (2023). Pengaruh Citra Merek,

Promosi, Kualitas Pelayan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan

Konsumen. 28(02), 197–215.

Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Andrew’s

Disease Of The Skin Clinical Dermatology., 7–16.

Febriyanti, C., Zati, M. R., & Amilia, S. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Dan

Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian

Ulang Produk Kosmetik Hanasui (Studi Kasus Pada Mahasiswi Di Kota

Langsa). 3, 311–316.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate

Data Analysis: A Global Perspective (7th Ed.). New Jersey: Pearson

Education.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (1st Ed., Issue 112).

Unitomo Press.

Lengkey, G. R., Mandey, S. L., & Soepono, D. (2022). Pengaruh Promosi Dan

Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna

Aplikasi Pln Mobile Pelanggan Pt.Pln (Persero) Unit Layanan Pelanggan

Tomohon. 4(5), 62–71.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,

Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar

Telkomsel. Nursing Management (Harrow, London, England : 1994), 6(8),

–17. Https://Doi.Org/10.7748/Nm.6.8.16.S14

Lumintang, G., Areros, W. A., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Harga Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil

Karunia Kiawa. 4(1), 88–100.

Manabung, K. J., Muafa, I. W., & Awotkay, A. S. (2023). Pengaruh Desain Dan

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Serba

Alumunium. 5(2), 98–109.

Maulidi, A., & Susetyorini. (2024). Pengaruh Saluran Distribusi Langsung Dan

Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Mahsun Jaya Onyx

Bawean Di Desa Kertosono Sidayu Gresik. 17(2), 479–489.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan

Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. 7.

Pulumbara, G. F., Latief, F., & Ilham, B. U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk

Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Jr Tea. Jurnal Manuver,

(1),

–92.

Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/44653%0ahttp://Repository.Unpas.

Ac.Id/44653/4/Bab Ii Fix.Pdf

Realino, D., Gula, V. E., & Jelita, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan

Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Mahasiswa Pengguna

Ojek Konvensional). 1(4), 68–81.

Safitri, A. F., Fitria, D., & Burhanudin. (2023). Pengaruh Produk, Tempat Dan

Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Santika Depok Annisa

Febriyanti Safitri Dona Fitria Burhanudin. Journal On Education, 5(2),

–5137. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1251

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen (Wk Nikoemus (Ed.)).

Andi Yogyakarta.

Setiawan, D., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Kerupuk Rambak Kecamatan

Ketahun Bengkulu Utara. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen

Sains, 4(1), 99–108. Https://Doi.Org/10.36085/Jems.V4i1.4427

Setiawati, E. E., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2023). Pengaruh Harga,

Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

(Studi Kasus Pada Konsumen Skincare Unilever Di Aster Kosmetik

Malang). 14(2).

Sudiyono, Kurniawati, M., & Mustikowati, R. I. (2018). Manajemen Pemasaran.

Tambah, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Traveloka. 1(1), 1–7.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Dalam

Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Cv Multi Pustaka Utama.

Vira, D., Medinal, & Oktalina, G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi

Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,

(02), 148–154. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V2i02.887

Wijayanti, F., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas

Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. 3(4), 465–471.

Https://Doi.Org/10.47065/Jtear.V3i4.725

Wijianti, F., & Budiarti, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Skintific (Studi Kasus

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). 3(2).

Yusda, D. D. (2023). Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Fudia

Bakery Bandar Lampung. 4(1), 48–53.

Downloads

Published

2025-03-24