PENGARUH DIGITALISASI, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris: Perusahaan Jasa Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2024)

Authors

  • Gladys Aiswara Zein Univesitas Bung Hatta

Keywords:

Digitalisasi, Profitabilitas, Struktur Modal, Nilai Perusahaan

Abstract

Nilai perusahaan merupakan representasi dari persepsi pasar terhadap kinerja masa depan,
kekuatan keuangan, serta prospek pertumbuhan dari suatu entitas bisnis. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan secara empiris pengaruh digitalisasi, profitabilitas, dan struktur modal
terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sektor perbankan
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-202. Sampel terdiri dari 17 perusahaan jasa
perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2024, metode pengampilan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan Eviews versi 12.
Hasil empiris dari penelitian ini memberikan bukti digitalisasi berpengaruh positif namun tidak
signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
nilai perusahaan. Serta struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai
perusahaan.

References

p. 2024. Available at:

https://www.journal.bukitpengharapan.ac.id/index.php/MEGA/article/view/393.

Deloitte (2021) 2021 Digital Banking Maturity Report. Available at: https://www2.deloitte.com/.

Erwin dkk (2023) Transformation Digital. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fitriani, R. (2023) Teori Sinyal dalam Perspektif Keuangan dan Akuntansi. Jakarta: Penerbit

Mitra Ilmu.

Ghozali, I. (2021) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

HAQ, N.R. (2024) Pengaruh Digitalisasi, Perencanaan Pajak, Struktur Modal, Dan Kepemilikan

Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel

Moderasi.

Jamaludin et al. (2022) Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis.

Perusahaan yang Terdaftar di Sub Sektor Makanan dan Minuman pada Bursa Efek

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Page | 11

Perusahaan Pada Perusahan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode

https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1661.

Available at: https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11285.

https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i2.17841.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri

https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/795/364.

Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel

https://doi.org/10.33884/jab.v6i1.4660.

https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12024.

Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Sugiyono (2021) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(Studi Kasus pada Perusahaan Sub-Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode

Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Teknologi Yang terdaftar Di BUrsa

vuji aztayna (2024) Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Digitalisasi Terhadap Nilai Perusahaan

Skripsi.

Widarjono, A. (2020) Ekonometrika: Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis. 4th ed.

Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek

Accounting), 8(2), p. 133. Available at: https://doi.org/10.55171/jsab.v8i2.592.

Manajemen Kewirausahaan, 20(01), p. 1.

Availableat:http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmkDOI:http://dx.doi.org/10.33370/jm

k.v20i1.1074

Published

2025-09-18