Pengaruh Karakteristik CEO Terhadap Kesulitan Keuangan Pada Sektor Consumer Cylical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2019-2023
Keywords:
Kesulitan keuangan, CEO Narsisme, CEO Gender, CEO Expertise, CEO EdukasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik CEO yang terdiri dari CEO 
narsisme, gender, expertise, dan edukasi terhadap kesulitan keuangan. Metode pengambilan 
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 
data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor 
consumer cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2019 hingga 
tahun 2023. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, diperoleh 43 perusahaan dengan total sampel 
sebanyak 215 observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik dengan 
bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CEO narsisme berpengaruh 
terhadap kesulitan keuangan, CEO gender berpengaruh terhadap kesulitan keuangan, CEO 
expertise berpengaruh terhadap kesulitan keuangan, dan CEO edukasi juga berpengaruh 
terhadap kesulitan keuangan.