Pengaruh Karakteristik CEO Terhadap Kesulitan Keuangan Pada Sektor Consumer Cylical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2019-2023
Keywords:
Kesulitan keuangan, CEO Narsisme, CEO Gender, CEO Expertise, CEO EdukasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik CEO yang terdiri dari CEO
narsisme, gender, expertise, dan edukasi terhadap kesulitan keuangan. Metode pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan
data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor
consumer cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2019 hingga
tahun 2023. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, diperoleh 43 perusahaan dengan total sampel
sebanyak 215 observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik dengan
bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CEO narsisme berpengaruh
terhadap kesulitan keuangan, CEO gender berpengaruh terhadap kesulitan keuangan, CEO
expertise berpengaruh terhadap kesulitan keuangan, dan CEO edukasi juga berpengaruh
terhadap kesulitan keuangan.